Guna Mendukung Peningkatan Sektor Pertanian Samosir

Medan, RPN – Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba, ST beserta Komisi II DPRD melakukan konsultasi dan observasi ke Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara untuk memperoleh informasi tentang Pengelolaan Pembangunan Pertanian dalam rangka memajukan sektor pertanian di Kabupaten Samosir, bertempat di aula Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Senin (10/8/2020).

Melalui konfirmasi awak media, kunjungan Politisi PDI Perjuangan beserta rombongan Komisi II DPRD Samosir (Pardon Lumban Raja, Polma Gurning, Sorta Ertati Siahaan, Baringin Sihotang, Jhony Sagala, Haposan Sidauruk, Suhanto Sitanggang) tersebut, kedatangan mereka diterima langsung oleh Nazli selaku PLT Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, didampingi Kepala Bidang Produksi, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, Kepala UPT Pembenihan.

“Dalam pertemuan itu, kami saling berbagai pengalaman tentang apa saja kendala yang dihadapi dan juga langkah-langkah serta kebijakan strategis yang lakukan, guna mendukung kemajuan sektor pertanian untuk Kabupaten Samosir”, ujar Saut Martua Tamba melalui konfirmasi dengan awak media.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan DPRD Samosir tersebut juga membahas perluasan lahan perkebunan, yang mana ada sekitar 500 hektar lahan perkopian yang berukur 15-20 Tahun di Samosir yang butuh peremajaan, oleh karena itu Pemkab Samosir membutuhkan bibit kopi yang akan dibagikan kepada petani.

Lebih lanjut, Saut Martua Tamba juga menerangkan, bahwa pada kesempatan tersebut, yang dibahas tentang tanaman Sereh Wangi. Dimana tanaman Sereh Wangi di Samosir, banyak petani mengembangkan tanaman komoditas tersebut.

Ketua DPRD Samosir berharap, dengan adanya kunjungan tersebut, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara memfasilitasi penyediaan benih maupun memberikan bimbingan teknis mengenai budidaya pertanian, sehingga produksi dari segi kualitas, kuantitas yang dihasilkan dapat lebih baik.

Baca Juga :  Ketua DPRD Samosir : GAMKI Harus Mengandalkan Kreatifitas dan Inovasi, Menciptakan Gerakan Progresif Yang Memberikan Pengaruh Positif Untuk Kabupaten Samosir

“Dengan adanya kunjungan tersebut, Komisi II DPRD Samosir akan memberi saran ke Dinas Perkebunan Provsu dalam mengambil kebijakan untuk memaksimalkan ekonomi para petani Samosir di bidang pertanian”, ungkap Saur Martua Tamba.

Ketua DPRD Samosir juga menegaskan, mengingat Kabupaten Samosir termasuk salah satu yang mempunyai areal pertanian yang luas, harapannya dengan kunjungan tersebut, menjadi masukan untuk Dinas Pertanian Kabupaten Samosir dalam meningkatkan eksistensi salah satu tanaman komodoti unggulan yaitu kopi, yang akhirnya dapat memajukan kesejahteraan petani.

Jackson Pandiangan

 81 total views,  2 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of