Samosir, RPN – Pemerintah Kabupaten Samosir menyalurkan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas berat dan lanjut usia, terlantar sakit menahun, untuk Kecamatan Harian dan Kecamatan Sianjur Mulamula, Kamis (6/8/2020).

Penyaluran bantuan sosial ini secara simbolis diserahkan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia dan terlantar sakit menahun. Tampak hadir mendampingi Bupati Samosir yaitu, Kadis Sosial Paris Manik, Kadis Kesehatan Nimpan Karo-karo, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Direktur RSUD dr.Hadrianus Sinaga Friska Situmorang, Camat Harian,Camat Sianjur Mulamula, Kepala Desa dan Pimpinam BNI Unit Pangururan Bungaria Situmorang.

Kadis Sosial Paris Manik menyampaikan bahwa, sumber dana bantuan sosial ini adalah dari dana APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2020, dengan total jumlah penyandang disabilitas sebesar Rp. 500.000.000 dan lanjut usia serta sakit menahun sebesar Rp.1.000.000.000, yg tersebar di 9 kecamatan, Kabupaten Samosir.

Lebih lanjut, Paris Manik juga menerangkan, masing-masing penerima bantuan sosial disabilitas tahap I, yaitu : Kecamatan Sianjur Mulamula 31 orang, Kecamatan Harian 37 orang, Kecamatan Palipi 60 orang, Kecamatan Onan Runggu 30 orang, Kecamatan Nainggolan 16 orang, Kecamatan Simanindo 64 orang, Kecamatan Ronggur Nihuta 19 orang, Kecamatan Pangururan 64 orang, Kecamatan Sitiotio 36 orang.

“Sedangkan penerima bantuan sosial untuk lanjut usia terlantar, sakit menahun, yaitu Kecamatan SianjurMulamula 44 orang, Kecamatan Harian 100 orang, kecamatan Palipi 122 orang, Kecamatan Onan Runggu 33 orang, Kecamatan Nainggolan 42 orang, Kecamatan Ronggur Nihuta 32 orang, Kecamatan Sitiotio 77 orang”, ucap Paris Manik.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Sosial Paris Manik juga menerangkan bahwa, untuk mekanisme penyaluran bantuan sosial tersebut akan disalurkan secara non tunai melalui rekening BNI Unit Pangururan, dengan jumlah Rp.1400.000/tahun, dan sistem pencairan Rp.700.000/semester.

Baca Juga :  Pilkada dalam Pandemi, Bupati Mojokerto: Semua Aturan Baru

Dalam sambutannya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon meminta kepada Kepala Desa di Kabupaten Samosir, untuk terus memberikan masukan dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, agar setia warga yang layak mendapat bantuan sosial ini dapat terdata dengan baik dan tepat sasaran.

Jackson Pandiangan

 23 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of