Samosir,RPN – Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba memimpin rapat terkait pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) untuk APBD Tahun Anggaran 2021, dihadiri Anggota DPRD dan Bupati Samosir serta beberapa SKPD bertempat di Hotel Gorat, Kecamatan Palipi, Selasa (4/5/2020).

Dalam sambutannya, Saut Martua Tamba menyampaikan, bahwa pembahasan KUA – PPAS bertujuan untuk melihat target pencapaian anggaran dari Pemerintah Daerah untuk Tahun Anggaran 2021 yang mengacu pada pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), karena keberhasilan Pemerintah Daerah akan diukur dari target yang sudah dibuat berdasarkan RPJMD, yang mana setelah itu baru dapat dilihat realisasi pencapaian yang telah ditargetkan per tahunnya.

Pada kesempatan tersebut, Saut Martua Tamba mengatakan, DPRD Samosir sedang membahas tentang plafon anggaran atau kebijakan umum anggaran dan pembahasan ini dilakukan hinga Rabu besok (5/8/2020).

Lebih lanjut, kader PDI Perjuangan tersebut mengatakan, setelah pelaksanaan rapat selesai digelar, rapat selanjutnya mengenai pembahasan yang lebih rinci bersama Tim Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Samosir.

Setelah mendengar pernyataan dari Ketua DPRD Samosir, Rapidin Simbolon selaku Bupati Samosir menyampaikan Nota Pengantarnya dan mengatakan, bahwa Pendapatan Daerah Kabupaten Samosir untuk Tahun Anggaran 2021 diproyeksikan sebesar 696 Miliar Lebih.

“Pendapatan Daerah terdiri dari Pendapatan Asli Daerah sebesar 64 Miliar, Pendapatan Transfer sebesar 610 Miliar, Dana Alokasi Umum ditargetkan sebesar 47 Miliar lebih atau sebesar yang diperoleh Tahun 2020”, Ujar Rapidin Simbolon.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menambahkan, bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) pada rancangan ini belum ditargetkan, berhubung belum ada pemberitahuan resmi dari Kementerian Keuangan RI, sehingga Dana Alokasi Khusus untuk Tahun Anggaran 2021 akan dituangkan dalam Ranperda APBD Tahun 2021 sesuai ketentuan Undang-undang.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Samosir Konsultasi ke Tapanuli Utara Mengenai Pengembangan Ternak Kerbau Lokal

Lebih lanjut Rapidin Simbolon juga menyampaikan, untuk Dana Desa Tahun Anggaran 2021 akan ditargetkan sebesar 107 Miliar lebih atau sebesar yang diperoleh Tahun 2020 dan Transfer Antar Daerah ditargetkan sebesar 20 Miliar lebih serta Pendapatan Daerah lain-lain yang sah ditargetkan sebesar 21 Miliar lebih atau sebesar yang diperoleh Tahun Anggran 2020.

Jackson Pandiangan

 73 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of