Untuk Rancangan Kebijakan Umum dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2021

Samosir, RPN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Samosir mengadakan Rapat Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Nota Pengantar Bupati Samosir Tentang Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2021 di Ruang Paripurna Gedung DPRD Samosir, Senin (3/8/2020).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Martua Tamba, Wakil Ketua DPRD Nasib Simbolon, sebagian Anggota DPRD Samosir dan dihadiri oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Sekdakab Jabiat Sagala, Asisten, Pimpinan OPD, Forkopimda, Staf Ahli, Camat, LSM dan Insan Pers.

Dalam kata sambutannya, Bupati Samosir menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Samosir yang telah menjalankan fungsi anggaran sebagai salah satu fungsi Lembaga DPRD, sesuai diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Pada kesempatan tersebut, Rapidin Simbolon juga menyampaikan terima kasih kepada DPRD Samosir, atas kecepatan respon dan tindak lanjut dalam melaksanakan Rangkaian Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 Sebagai bentuk kecintaan terhadap Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Surga.

“Kami sangat yakin, bahwa hal ini akan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang ditentukan Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, bahwa Rancangan KUA dan Rancangan PPAS dapat disepakati bersama antara Kepala Daerah dengan DPRD paling lambat minggu kedua Bulan Agustus”, ungkap Bupati Samosir.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga menjelaskan, untuk pencapaian Target Indikator Makro Tahun 2021 dan Indikator Kinerja Utama lainnya yang tercantum pada RPJMD, Rapidin Simbolon menyampaikan pokok-pokok Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Tahun Anggaran 2021 meliputi :

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Samosir Dalam Rangka Penyampaian Nota Pengantar Bupati Samosir Tentang Rancangan KUA-PPAS Perubahan APBD 2020

I. KEBIJAKAN PENDAPATAN
Pendapatan Daerah yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer dan lain-lain. Pendapatan Daerah Yang Sah akan tetap dioptimalkan sebagai Sumber Pembiayaan Pembangunan di Kabupaten Samosir dengan penyesuaian kondisi perekonomian nasional maupun daerah.
Dengan demikian Kebijakan Pendapatan Tahun 2021 adalah sebesar 697 Miliar Rupiah Lebih.

II. KEBIJAKAN BELANJA
Belanja Daerah terdiri dari Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan Belanja Transfer.
Pada Rancangan KUA-PPAS berikut, belum termasuk belanja yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID).

Kebijakan Belanja Operasi ditargetkan sebesar 461 Miliar Rupiah Lebih. Belanja Modal pada Rancangan KUA-PPAS ini ditargetkan sebesar 74 Miliar Rupiah Lebih, Belanja Tidak Terduga sebesar 8 Miliar Rupiah Lebih.

Belanja Transfer dialokasikan pada Belanja Bagi Hasil Pajak Daerah dan Belanja Bantuan Keuangan Kepada Desa.

III. KEBIJAKAN PEMBIAYAAN
Kebijakan Pembiayaan Daerah diproyeksikan sebesar 17 Miliar Rupiah Lebih dan Pengeluaran Pembiayaan Daerah dialokasikan sebesar 12 Miliar Rupiah.

Mengakhiri Nota Pengantarnya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, dimana Rancangan KUA -PPAS yang telah diserahkannya, dapat kembali dijadwalkan untuk dibahas bersama TAPD dengan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Samosir.

“Harapan kami, Rancangan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021 dapat disepakati bersama tepat waktu sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku”, ujar Rapidin Simbolon.

Jackson Pandiangan

 51 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of