Demak,RPN – Semakin hari semakin banyak warga yang terpapar Covid-19. Bahkan tidak sedikit diantara mereka yang meninggal dunia karena virus yang berasal dari Wuhan, China ini, selain mempunyai riwayat penyakit bawaan.

Guna mengantisipasi hal ini, Babinsa Desa Sidoharjo Koramil 10/Guntur Kodim 0716/Demak Sertu Amin Solikin melaksanakan koordinasi dengan perangkat desa di kantor Desa Sidoharjo, Kecamatan Guntur, Jumat (07/08/2020).

Banyaknya warga yang tidak peduli akan protokol kesehatan dan bagaimana cara meningkatkan kesadaran untuk mematuhinya menjadi topik pembicaraan Babinsa bersama perangkat Desa Sidoharjo.

Sertu Amin menyampaikan, meningkatnya kasus Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Demak, salah satunya disebabkan kurang pedulinya warga untuk mematuhi protokol kesehatan. Mereka keluar rumah tanpa menggunakan masker, dan masih suka berkerumun tanpa jaga jarak aman serta jarang mencuci tangan menggunakan sabun.

“Intinya masih banyak warga yang kurang peduli akan penerapan protokol kesehatan. Ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya kasus Covid-19,” ujarnya.

Dirinya mengajak agar seluruh perangkat desa berperan aktif membantu sosialisasi edukasi kepada warga masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Dengan menghimbau warga untuk menyediakan alat cuci tangan di depan rumah masing-masing, memakai masker saat keluar rumah dan jaga jarak aman dengan orang lain serta mengurangi aktifitas berkerumun.

Muslikan, salah satu perangkat setempat menyebut, ada beberapa faktor yang menyebabkan warga kurang mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, mereka tidak percaya dengan adanya Covid-19.

Hal ini menurutnya harus di diatasi bersama-sama. Bukan hanya pemerintah, aparat TNI dan Polri saja, melainkan semua aspek komponen yang ada di tengah masyarakat harus berperan aktif, hingga sampai tingkat bawah.

“Kita sebagai Pemerintah Desa akan selalu merangkul Babinsa dan Bhabinkamtibmas guna memberikan sosialisasi edukasi kepada mereka. Semoga dengan kerjasama antara Pemdes, Satgas Covid desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, penyebaran virus ini dapat ditekan dan dicegah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dalam Komsosnya, Babinsa Medini Serma Nur Ismanto Himbau Warganya Terapkan Protokol Kesehatan Covid 19

pendim0716/demak/Adi

 32 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of