Camat tanggulangin Sabino Mariano

Sidoarjo,RPN – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan mutu dengan era teknologi terbaru.

Dengan diluncurkan Aplikasi Si Praja yang mulai aktif pada Senin ( 27/7/2020 ) lalu. Hal ini sesuai dengan keadaaan saat ini yang masih Pandemi Covid-19, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran dengan Pyscal distancing serta tetap menerapkan protokol kesehatan .

Penerapan Aplikasi Si praja ini sudah diterapkan di seluruh Kecamatan di Sidoarjo, termasuk Kecamatan Tanggulangin yang juga bisa diakses di www.tanggulangin.sidoarjo.kab.id.

Sementara itu Camat tanggulangin Sabino mariano Senin ( 2/8/2020 ) mengatakan ” Pemerintah daerah memberikan pelayanan dan kemudahan pada masyarakat dengan Aplikasi Si praja, dan memberikan edukasi serta sosialisasi pada masyarakat” ungkapnya

Lebih lanjut ia menambahkan ” Kecamatan tanggulangin sudah menerapkan jaringan dari pemkab Si praja ,yang memang awalnya banyak kesulitan ,tetapi jika terbiasa akan mudah . Selain itu sosialisasi pada masyarakat bisa dilakukan dengan pertemuan dengan warga, media, komunitas masyarakat, serta internet” pungkasnya.

Sedangkan staf operational Kecamatan tanggulangin igit syah riza mengharapkan dengan adanya Aplikasi Si praja memudahkan masyarakat dalam pengurusan Surat yang dibutuhkan bisa mencetak sendiri tanpa perlu datang ke Kecamatan kecuali untuk pengurusan KTP dan KK.

Sistem Pelayanan Sipraja terdiri dari 22 layanan yang bisa di cetak secara mandiri , yang mana pelayanan Sipraja terangkum dalam tiga tipe layanan.Diantaranya tipe A ,B , dan C .

Selain itu untuk Tipe A mencakup pengurusan Surat keterangan lahir, Surat Kematian , surat ketetangan tidak mampu, serta Surat keterangan domisili usaha.

Sementara itu untuk Tipe B mencakup Pengantar ktp , Pengantar KK , Surat keterangan Pindah , Surat pengantar SKCK , sedangkan tipe C mencakup untuk Surat izin untuk mendirikan bangunan serta Surat izin mendirikan usaha mikro kecil.

Baca Juga :  Rumah Sehat Terapi Cakra Husada

Sedangkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan Si Praja ( Sistem Pelayanan rakyat Sidoarjo ) bisa di unduh melalui google play store.

Nk/Rd

 58 total views,  2 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of