Jombang,RPN – Perayaan Idul adha 1441 Hijriah Kabupaten Jombang Tahun Ini terasa berbeda, bagaimana tidak biasanya seluruh masyarakat jombang biasanya larut dalam suasana gembira yang diekspresikan melalui perayaan takbir keliling, akan tetapi di pusaran Pandemi ini semua wajib menjaga diri mereka terhadap bahaya virus covid 19.

Disampaikan Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab bahwa Idul Adha adalah salah satu hari raya dalam Agama Islam yang di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa monumental dari peradaban kehidupan di bumi. Peristiwa tersebut selanjutnya diabadikan dalam sebuah ritual ibadah.

“Alhamdulillah tahun ini kita menyambut Idul Adha dengan suka cita, banyak sekali peristiwa kelabu hadir sebelum datangnya hari besar ini.

Bahkan bisa dibilang tragedinya sangat memilukan. Banyak orang merasakan suasana kelabu ini, bahkan kita semua yang ada di Indonesia. Kondisi wabah covid-19 yang sampai hari ini belum juga mereda, Namun jangan sampai membuat umat Islam kehilangan kendali akal sehatnya.

Semua yang terjadi di dunia tentu atas rencana dan ketentuan Sang Maha Kuasa. Karenanya umat Islam harus bijak dan senantiasa mengedepankan prasangka baik (husnudzan).

Tentunya takdir Allah SWT, ini tidak boleh serta-merta menurunkan semangat spiritual kita sebagai umat Islam. Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh-Nya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan ketentuan seputar perayaan Idul Adha 2020/1441 H.

Aturan tentunya mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah virus corona. Tercantum dalam Surat Edaran nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M.

Usai Sholat Idul Adha Bupati Jombang langsung menuju kehalaman belakang Masjid Agung Baitul Mukminin untuk menyerahkan hewan kurban kepada takmir masjid Baitul Mukminin. Tiga sapi kurban tersebut dari Gubernur Jatim, Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang.

Baca Juga :  Program ETLE, Dirlantas Polda Jateng Sosialisasikan Kamera KOPEK Portabel Kepada Masyarakat

Seco

 46 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of