Tarutung, RPN – Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, ST beserta Komisi II DPRD Samosir mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke UPT Bibit Induk Aneka Tanaman Gabe Hutaraja, Tarutung , Kabupaten Tapanuli Utara, Senin (27/7/2020).

Adapun maksud kunjungan kerja DPRD Samosir ke lokasi pembibitan milik Pemprovsu ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembibitan bibit unggul Padi Gogo dan Bawang untuk dijadikan contoh bagi petani di Samosir.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba,ST dalam kata sambutannya, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya bersama Komisi II DPRD, akibat keluhan sebagian petani di Samosir yang gagal panen dalam menanam padi dan bawang. Saut Martua Tamba juga mengungkapkan, buruknya kualitas bibit padi dan bawang ditambah dengan musim yang tidak menentu setiap tahunnya menjadi pemicu utama gagal panen kebanyakan petani di Samosir.

“Melihat kondisi tersebut, kami ingin menanyakan seperti apa inovasi UPT Bibit Induk Aneka Tanaman Gabe Hutaraja, Tarutung dalam pembibitannya padi dan bawang dan bagaimana agar padi dan bawang tahan di beberapa iklim”, ungkap Saut Tamba.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Samosir, Polma Hasehaton Gurning juga menambahkan, “perlu diadakan beberapa inovasi bibit padi dan bawang yang diharapkan bisa meningkatkan hasil produksi petani di Samosir yang sekarang, iklim dan cuacanya cenderung tidak bisa diprediksi”. Wakil Ketua Komisi II ini juga menyampaikan, masalah pertanian di Samosir harus diurai dari hulu ke hilir, apa saja kendalanya agar dapat membuat kebijakan yang konkret dan berkelanjutan untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian Kabupaten Samosir harus memberikan referensi dan arahan kepada petani, dalam pemakaian bibit apa yang baik digunakan dalam menanam, walaupun nantinya petani sendiri yang menentukan hendak memakai bibit apa”, ungkap Polma Hasehaton Gurning.

Baca Juga :  BMKG Pasang Smart Display Warning Receivers System (WRS) New Generation di Kantor Bupati Samosir

Jackson Pandiangan

 31 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of