Demak,RPN – Sejumlah kepala desa di Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, di edukasi terkait dengan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dandim 0716/Demak Letkol Arh. Muhammad Ufiz bersama Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, untuk memberikan pemahaman tentang bahaya dan cara penanganan Covid-19.

Kegiatan silaturahmi dengan kepala desa Se-kecamatan Guntur tersebut dilakukan di Pendopo Joglo, Desa Gaji, Kabupaten Demak.

Dandim Letkol Arh. Muhammad Ufiz mengatakan, bahwa TNI-Polri diperintahkan agar turun langsung ke lapangan untuk mendisiplinkan masyarakat supaya masyarakat mengerti dan memahami pentingnya mencegah wabah Virus Corona dengan melatih kedisiplinan masyarakat serta membiasakan protokol kesehatan.

“TNI-Polri diturunkan hingga tingkat Desa melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas tidak akan bosan-bosanya untuk mengingatkan masyarakat supaya disiplin dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan gunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lanjutnya, pencegahan Covid-19 bukan cuma diampu oleh TNI dan Polri, namun tanggung jawab semua pihak termasuk Camat, Kades hingga tingkat RT dan RW.

“Kades agar terus ingatkan warganya supaya tetap mengikuti protokol kesehatan jangan sampai lengah. Ini untuk kebaikan bersama, karena Kabupaten Demak sudah masuk zona merah,” tegasnya.

Sementara Kapolres Demak AKBP Andhika menambahkan, terkait penanganan Covid-19 harus diprioritaskan karena wilayah Demak masuk kategori zona merah.

“Sebagai contoh wilayah NTT yang sekarang masih kategori zona hijau, sebab masyarakat disana disiplin dan berkesadaran tinggi serta mau mengikuti himbauan dari pemerintah untuk gunakan protokol pencegahan Covid-19,” katanya.

Andhika meminta kepada pemerintah desa dalam menggunakan anggaran dana desa untuk pencegahan penyebaran virus Corona dengan benar dan tepat sasaran serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Pencegahan virus Covid-19 perlu perhatian dari semua pihak, serta ciptakan situasi kondusif di wilayah masing-masing, untuk kepala Desa bisa bekerja sama dengan Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. Sentuh hati masyarakat dengan cara yang baik, sehingga kedepan masyarakat memiliki kesadaran dan disiplin dalam menggunakan protokol kesehatan dengan ending Covid-19 dapat dicegah dan penyebarannya terus menurun,” tandasnya.

Baca Juga :  Anggota Koramil 05/Mayong Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jenasah Covid-19

ADI

 33 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of