Kediri,RPN – Dusun kebonagung desa brumbung kecamatan kepung kabupaten kediri ramai setelah di temukannya kembali sebuah struktur bangunan kuno yang di duga peninggalan kerajaan majapahit.

Tim BPCB trowulan senin ( 6/7/2020 ) mendatangi lokasi setelah adanya laporan di temukannya struktur bangunan kuno tersebut.dari hasil penelitian dan penilaian sementara tim BPCB trowulan tersebut mengatakan bahwa bangunan tersebut merupakan kaki candi, tetapi akan di lakukan ekskavasi lebih dalam lagi untuk membuktikan perkiraan tersebut.pada tanggal 15/7/2020 kembali tim dari BPCB trowulan mendatangi lokasi untuk memastikan dan membuktikan bangunan kuno apa yang terpendam ini.

Tim yang di kepalai Wicaksono Dwi Nugroho ini menuturkan dari hasil penelitian dan ekskavasi lanjutan bahwa bangunan kuno ini merupakan sebuah petirtaan,tetapi dari era kerajaan apa kami masih belum bisa memastikan tunggu hasil pengembangan dan penelitian lanjutan kami hari ini ” ujar wicaksono.

Berdasarkan temuan temuan sebelumnya di kawasan tersebut,ia memperkirakan bahwa struktur bangunan kuno ini dari era kerajaan kediri abad 11 hingga era kerajaan majapahit abad ke 14.di kawasan tersebut pernah di temukan prasasti geneng 1 pada masa kerajaan kediri yang mana kala itu di pimpin raja Bramaswara dan prasasti geneng 11 masa Tribuanan tungga dewi.

Selanjutnya hari sabtu 18/7/2020 tim BPCB trowulan kembali melakukan eksvakasi lanjutan dan mendapati sebuah petirtaan yang berukuran 4,88 x 5,13 meter dengan kedalaman hampir 2 meter.” jelas ketua tim BPCB trowulan wicaksono dwi nugroho.

Wicaksono menuturkan ia dan timnya juga menemukan patung/pancuran 4 jaladwara,3 jaladwara bermotifkan makara dan yang satunya bermotifkan seperti kuda/sapi.

Dari hasil temuan tersebut dapat di pastikan bahwa struktur bangunan kuno tersebut adalah sebuah petirtaan dari era kerajaan majapahit.” ungkap wicaksono

Baca Juga :  Menuju New Normal, Babinsa Koramil Wonokromo Patroli Di Taman Bungkul

Frans

 57 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of