Samosir, RPN – Komisi III DPRD Samosir menggelar rapat evaluasi dengan Pemkab Samosir terkait dengan proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) mubazir/sia-sia di Aula Kantor Bupati, Kecamatan Pangururan, Kamis (16/7/2020).

Ketua Komisi III DPRD Samosir, Jonner Simbolon memimpin jalannya rapat tersebut, yang dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, Asisten II, Saul Situmorang, Kepala Bappeda, Rudi Siahaan, Inspektorat Daerah, Kepala Desa se-Kecamatan Pangururan dan Kecamatan Sianjur Mulamula.

Turut juga hadir anggota Komisi III yang lainnya seperti, Paham Gultom, Rismawati Simarmata, Parluhutan Sinaga, Parluhutan Samosir, Pantas Marroha Sinaga dan Pantas Lasidos Limbong.

Pada kesempatan tersebut, ada beberapa pernyataan dan pertanyaan yang disampaikan Ketua Komisi III DPRD, Jonner Simbolon yang diantaranya adalah :

  • Jangen sampai aset berharga tersebut dianggap kecil, karena keberadaan Pamsimas sangat banyak manfaatnya untuk kebutuhan masyarakat.
  • Pihak desa menjelaskan secara lengkap situasi pembangunan Pamsimas periode 2017-2018 di desa masing-masing, banyak proyek Pamsimas tidak berfungsi dan yang paling ironisnya, banyak kepala desa tidak mengetahui dimana titik pembangunan proyek Pamsimas tersebut.
  • Komisi III sangat miris melihat kondisi bangunan Pamsimas di Samosir yang terkesan sia-sia.

Jonner Simbolon juga menegaskan, ” jika mendengar masukan dari kawan-kawan DPRD, ini layak diPansuskan dan dibawa ke ranah hukum, namun hal itu tidak sampai kita lakukan, jika masih bisa diperbaiki”.

Anggota Komisi III DPRD, Parluhutan Samosir juga menambahkan, selain sudah monitoring ke lapangan, banyak ditemukan pembangunan Pamsimas tidak sesuai dengan perencanaan, serta banyak pula bangunan Pamsimas tidak sesuai dengan yang di lapangan, seperti pemakaian pipa untuk proyek Pamsimas tidak masuk dalam kategori SNI.

(Jackson Pandiangan)

 43 total views,  1 views today

Baca Juga :  Pemkab Samosir Terbitkan Surat Edaran Pedoman Tata Normal Baru Produktif Dan Aman Covid-19

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of