Samosir, RPN– Dalam adaptasi New Normal sekarang ini, kita perlu menghidupkan Influencer lintas profesi untuk mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan ruang digital melalui rilis info/videografis pada jejaring sosial dan situs pribadi/entitas.

Menjadi Influencer berarti mengedukasi masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Disamping itu, Influencer menyebarkan informasi valid secara masif, terutama pedoman tatanan normal baru yang telah dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Samosir.
Menjadi Influencer juga menjadi juru kampanye daring yang mengedukasi masyarkat cara hidup ideal di era pandemi. Seorang Influencer juga dituntut menjadi role model, yang tidak hanya pada tataran artikulasi tetapi juga praktek nyata di lingkungan masing-masing.

Praktisnya, jika ini kita lakukan secara kolektif, sedikitnya kita dapat mengalihkan perhatian masyarakat dari disinformasi dan berita hoax yang ditemukan di jejaring sosial dan situs-situs lain.

Aparat Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, Aparat Penegak Hukum (APH), Lembaga Legislatif dan seluruh elemen masyarakat lintas profesi menciptakan produk-produk digital dengan narasi komunikasi yang mengedukasi masyarakat melalui media sosial, group Whatsapp maupun bentuk komunikasi digital lainnya.

Adapun pertanyaan-pertanyaan praktis yang menjadi renungan bagi kita semua, antara lain :

  1. Jika saya seorang dokter, apa yang dapat saya lakukan dalam pelayanan/tindakan medis ?
  2. Jika saya seorang guru, apa yang dapat saya lakukan dalam pembelajaran daring ?
  3. Jika saya seorang jurnalis, apa yang dapat saya lakukan untuk menciptakan suasana waspada dan tidak panik ?
  4. Jika saya seorang pengusaha, apa yang dapat saya lakukan untuk menyediakan barang dengan harga stabil tanpa spekulasi-spekulasi ?
  5. Jika saya seorang pekerja sosial, apa yang dapat saya lakukan untuk memperbaiki kehidupan sosial masyarakat ?
    Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan reflektif lintas profesi yang perlu kita renungkan.
    Oleh sebab itu, kita diharuskan dituntut sebagi warga negara yang bertanggung jawab dan mencintai negeri ini dengan perbuatan-perbuatan kecil yang berdampak positif.
Baca Juga :  Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan, Komisi I DPRD Samosir Monitoring ke Pelabuhan Simanindo

Jadilah Influencer yang selalu mengedukasi masyarakat berdasarkan berdasarkan keahlian dan keterampilan dari kita masing-masing untuk menjaga Samosir dalam berbagai aspek kehidupan.

GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir mengajak kita semua lintas profesi untuk berkontribusi secara aktif dalam mengedukasi masyarakat dengan menjadi Influencer yang baik selama pandemi dalam adaptasi tatanan kebiasaan baru.

Mari kita hadang penyebaran COVID-19 dari berita-berita yang tidak membawa manfaat positif dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di Samosir.

Jackson Pandiangan

 18 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of