Tapanuli Utara, RPN – Ketua DPRD Kabupaten Samosir, Saut Tamba, ST didampingi Komisi II Kabupaten Samosir dan perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir melakukan kunjungan kerja ke Pengrajin Tenun Ulos di Desa Hutanagodang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (11/7/2020).

Adapun maksud dari kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui pengelolaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang Kerajinan Tenun Ulos.

Kunjungan DPRD Samosir tersebut, disambut hangat oleh Kadis Koperindag Kabupaten Tapanuli Utara, Marco Panggabean dan didampingi Kepala Desa Hutanagodang beserta Ketua Sanggar Tenun Harungguan, Gokma Siregar.

Kadis Koperindag, Marco Panggabean menjelaskan, Ulos andalan untuk diproduksi adalah Ulos Harungguan karena harganya lebih mahal dan sudah diterima di mancanegara.
Ketua Sanggar Tenun, Gokma Siregar juga menyampaikan, “Ulos yang ditenun terdiri dari berbagai jenis, yang diantaranya, Ulos Harungguan, Ulos Sibolang, Ulos Bintang Maratur, Ulos Marketer”.

Dalam kata sambutannya, Saut Tamba, ST mengucapkan terima kasih atas sambutan Kadis Koperindag Kabupaten Tapanuli Utara.

Ketua DPRD Samosir menyampaikan, “kegiatan pengelolaan Tenun Ulos ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan karya leluhur kita, dengan cara melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur kita”. Dengan cara ini, dapat mengangkat nilai Ulos dan memperkenalkannya sebagai budaya,sehingga akan semakin berharga dan dikenal dunia.

“Harapan saya nantinya, bahwa ilmu serta masukan yang didapat dari kelompok ini akan menjadi bahan masukan dalam membuat kebijakan untuk pengembangan UMKM, khususnya bidang Tenun Ulos di Kabupaten Samosir”, ucap Saut.

Ketua Komisi II Kabupaten Samosir, Pardon Lumbanraja menambahkn, apresiasi atas sinergi antara pemerintah dengan kelompok dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini. Harapan kami kedepannya, melalui dinas terkait di Kabupaten Samosir dapat mempraktekkan apa yang kami lihat di Sanggar Tenun Harungguan ini dan membawa kelompok tenun dari Samosir untuk berkunjung kesini, tambahnya.

Baca Juga :  Komjen Listyo Sigit Silaturahmi Ke Mantan Kapolri Minta Doa Restu

Jackson Pandiangan

 41 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of