JOMBANG,RPN – Setiap pasaran Minggu Wage. Paguyuban pelestari tosan aji Jombang (Panji Satria Pinayungan) komunitas pecinta keris dan pegemar benda pusaka berbagai daerah berkumpul di Pondok Jati Kasampurnan Dusun Kuncung Desa Banyuarang Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.Minggu.(12/7/2020)

Dengan menggelar lapak lapak kecil yang berisi sejumlah keris,batu akik,permata berbagai bentuk dan zaman pembuatan.Keris merupakan maha karya luar biasa peninggalan budaya asli nusantara yang di wariskan sejak nenek moyang.

Untuk membuat sebilah keris,empu keris menggunakan kemampuan Cipta Rasa dan Karsa mereka untuk melahirkan sebilah keris pusaka.

Ketua paguyuban panji satria pinayungan Arif jainudin menjelaskan,” pada hari ini kami mengadakan pasar keris yang akan kita gelar setiap hari Minggu Wage. Kebetulan hari ini kita bertempat di Pondok Jati Kasampurnan di Ngoro Jombang.Yang hadir pada kesempatan hari ini adalah. Anggota paguyuban kami dari paguyuban panji satria pinayungan,di tambah lagi pembursa dari berbagai kota yang ada di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah,ada yang dari Bali, Madura, Mojokerto, Bojonegoro, Blora,Temanggung,Kediri,dan sekitarnya. Untuk hasil dari penjualan dari teman teman tadi saya pantau Alhamdulilah hasilnya cukup lumayan.,”jelasnya

Lanjut Arif,Untuk kegiatan ini Insya Alloh akan di gelar setiap hari Minggu Wage, ada pasar keris di Jombang.Yang di selenggarakan oleh paguyuban kita panji satrio pinayungan.Untuk konsep kita terbuka siapa saja, baik perseorangan, paguyuban,maupun kolektor boleh silahkan datang kesini.Bersama sama kita menggelar dagangan disini,”pungkas. Arif.

(Ynt/Red)

 94 total views,  1 views today

Baca Juga :  Resmi, Kaldera Toba Sebagai UNESCO Global Geopark

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of