Samosir, RPN – Komisi I DPRD Kotamadya Sibolga melakukan kunjungan kerja ke kantor DPRD Kabupaten Samosir, Jumat (10/7/2020). Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Tamba, ST bersama Komisi I DPRD, didampingi Sekretaris DPRD Marsinta Sitanggang, SH dan Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir Ricardo Hutajulu menerima kunjungan Komisi I Kotamadya Sibolga dalam rangka, “konsultasi dan koordinasi terkait permasalahan yang dihadapi dalam sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA Tahun 2020”.

Kementerian Pendidikan Republik Indonesia dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 menetapkan empat jalur pendaftaran dalam penyelenggaraan progam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020, yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan tugas orang tua/wali dan Prestasi.

Jalur zonasi disediakan bagi peserta didik yang telah tinggal dalam satu zona selama minimal satu tahun. Bukti tinggal ditunjukkan dengan Kartu Keluarga atau surat keterangan RT/RW yang dilegalisir. Untuk jalur zonasi tidak ada proses seleksi menggunakan tes/UN/ujian sekolah dan bentuk seleksi yang digunakan di jalur prestasi. Jalur ini juga berlaku bagi siswa penyandang Disabilitas.

Ketua Komisi I DPRD Kotamadya Sibolga Riko Hermanto Simamora, S.Kom mengatakan, maksud dan tujuan kedatangan mereka datang ke Samosir untuk konsultasi terkait permasalahan penerimaan peserta didik untuk tingkat SMA Tahun ajaran 2020/2021.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Saut Tamba,ST menyampaikan selamat datang atas kehadiran Komisi I DPRD Kotamadya Sibolga di Negeri Indah Kepingan Surga.
“Undang-undang N0.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa kewenangan pengelolaan pendidikan tingkat SMA/SMK sederajat itu menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi”, tegas Saut Tamba.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Samosir Saur Tua Silalahi, ST menambahkan, bahwa DPRD Kabupaten Samosir akan mengawal dan memperjuangkan masalah ini sampai tuntas.

Baca Juga :  Bupati Samosir Monitoring Progress Pembangunan Objek Wisata Rohani Bukit Sibeabea Patung Yesus

Pada kesempatan tersebut, Kadis Pendidikan Kabupaten Samosir Ricardo Hutajulu menambahkan, akan menindaklanjuti masalah tersebut sehingga nantinya semua warga usia sekolah dapat diterima di sekolah-sekolah yang diinginkan.

(Jackson Pandiangan)

 25 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of