SUMENEP, RPN – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU ) dengan nomor: 54.694.06 terapkan aturan baru untuk masyarakat yang ingin melakukan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) mengunakan wadah jerigen.

Dalam aturanya itu, SPBU yang berlokasi di Desa Pakandangan Tengah, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tersebut melarang pembelian BBM menggunakan wadah jerigen selain bahan logam.

Manajer SPBU Pakandangan tengah, Andi Kusmanto mengatakan bahwa aturan baru tersebut diberlakukan sebagai tindak lanjut dari SOP PT Pertamina yang melarang pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) mengunakan wadah jerigen berbahan selain logam.

Larangan mengisi BBM di jerigen itu selalu disampaikan setiap pergantian shift karyawan.untuk peringatan pihaknya memberi toleransi sampai dengan waktu yang ditentukan.

“Ini merupakan aturan yang dibuat oleh PT Pertamina dan harus efektif,” terangnya saat ditemui di kantornya, Pada hari Selasa (07/07/2020)

Namun kata Andi Manajer SPBU Pakandangan Tengah dengan nomor: 54.694.06 hal ini tentunya tidaklah mudah diterapkan langsung karena butuh sosialiasi berkelanjutan kepada konsumen.

“Kami masih perlu terus mensosialisasikan kepada konsumen tentang pentingnya wadah jerigen yang berbahan dari logam ini. Karena selain untuk menggantikan jerigen plastik, ini juga lebih pada peningkatan standar keamanan,” katanya.

Sambung Andi, Saat ini kami sudah mulai memberlakukan penggunaan jeregen yang berbahan dari logam tersebut.

“Kami sebagai lembaga penyalur BBM wajib mematuhi kententuan keamanan dan operasional. Makanya kami memberlakukan jerigen/wadah yang sudah menggunakan bahan dari logam, untuk mengantisipasi timbulnya api akibat listrik statis,” jelasnya.

Sehingga lanjut Andi, kami perlu terus memberikan pemahaman kepada konsumen. Dan untuk mempermudah konsumen, kami dari pihak SPBU Pakandangan juga sudah menyediakan jerigen yang berbahan dari logam tersebut.

Baca Juga :  BNNK Sidoarjo Peringati Hari Anti Narkoba secara Virtual di Era New Normal

“Untuk dapat membeli BBM dengan menggunakan jerigen, tetap berlaku aturan seperti yang sebelumnya yakni harus ada surat keterangan dari Pemda/Pemerintah,” tutupnya.

Dy/Zain

 26 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of