Aksi demo di depan kantor Bupati Sidoarjo

Sidoarjo,RPN – Pandemi Covid-19 sangat berimbas pada semua sektor, terutama ekonomi masyarakat.terutama pekerja pabrik atau perusahaan yang banyak di PHK ( pemutusan hubungan kerja) secara sepihak.

Seperti halnya Senin ( 6/7/2020) ratusan pekerja dari PT. HSI ( Hair Star Indonesia) melakukan aksi demo turun ke jalan di depan Kantor Bupati Sidoarjo .

Sedangkan Aksi buruh yang tergabung dalam serikat Sarbumusi di gelar karena adanya PHK secara sepihak.

Selain itu dalam Aksi demo yang di lakukan karyawan PT.HSI bertujuan karena tidak adanya keadilan terhadap karyawan yang melakukan PHK secara sepihak , hal tersebut sudah melanggar UU Tenaga kerja.

Sedangkan Koordinator Aksi turun di jalan Mahmud mengatakan ” Dalam aksi ini ada beberapa tuntutan dari para buruh diantaranya tolak PHK sepihak yang tidak sesuai dengan RUU tenaga kerja , tetap membayar upah para pekerja selama msih ada perselisihan PHK, serta memperjakan kembali para pekerja /buruh yang tergabung dalam serikat Sarbumusi.

Ia lebih lanjut menambahkan ” kami juga menuntut PT.HSI bisa melaksanakan ketentuan secara adil para buruh , di samping itu sebelum terjadi PHK para buruh tidak sepakat dengan penawaran UMK di perusahaan tahun 2020 senilai 3. 570.000/bulan , kemudian ada kenaikan 30 rb pada tahun 2021.

Wakil bupati Sidoarjo menerima dengan baik perwakilan dari buruh ini karena bisa melakukan audiensi dengan pemerintah , pengusaha, pihak buruh , dan disnaker , untuk dapat memutuskan kebijakan dengan baik.

(NK/RD)

 10 total views,  1 views today

Baca Juga :  Ke Jombang, Kapolda Jatim Tinjau Kesiapan Pesantren Tangguh

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of