Samosir, RPN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Samosir menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pembahasan dan Persetujuan Bersama atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Samosir tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Samosir, 29-30 Juni 2020.

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba, ST, Wakil Ketua Nasib Simbolon. Rapat Paripurna juga dihadiri oleh Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon, MM, Sekdakab Jabiat Sagala, Anggota DPRD Samosir, Pimpinan OPD, Forkopimda, Camat, LSM dan insan pers.

Rapat Paripurna ini merupakan kelanjutan dari Rapat Paripurna sebelumnya yang diadakan DPRD Samosir di Hotel Gorat, Kecamatan Palipi, 23-25 Juni 2020 yang lalu.

Setelah Rapat Paripurna resmi dibuka, diawali dengan pembacaan laporan dari Badan Anggaran DPRD Kab. Samosir atas Ranperda Kab.Samosir tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 oleh Anggota DPRD Kab. Samosir Parluhutan Samosir.

Dalam laporan yang dibacakan tersebut, Badan Anggaran Kab.Samosir tidak lagi membahas mengenai angka-angka. Karena angka-angka tersebut sudah merupakan angka tetap sebagai Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2019 yang sudah diperiksa oleh BPK RI Perwakilan Sumatera Utara.

Ada enam (6) poin hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD Samosir, antara lain :
1.Mengoptimalkan pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
2.Evaluasi terhadap Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) baik di perkotaan maupun di pedesaan.
3.Validasi data penduduk miskin secara objektif dan menyeluruh.
4.Menyelesaikan masalah piutang daerah sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku.
5.Membina hubungan sinergitas.
6.Meningkatkan keharmonisan antara Legislatif dan Eksekutif.

Dalam agenda nota jawaban Bupati Samosir atas tanggapan fraksi-fraksi di Ruang Paripurna, Rapidin Simbolon sangat mengapresiasi atas semua saran dan kritik yang konstruktif demi perbaikan tata kelola pemerintahan yang akan datang.

Baca Juga :  Ketua DPRD Samosir : GAMKI Harus Mengandalkan Kreatifitas dan Inovasi, Menciptakan Gerakan Progresif Yang Memberikan Pengaruh Positif Untuk Kabupaten Samosir

Setelah melalui beberapa mekanisme rapat dan pandangan akhir dari fraksi-fraksi, akhirnya DPRD Kab.Samosir menerima dan menyetujui Ranperda Kab.Samosir tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 untuk dijadikan Peraturan Daerah Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua, Wakil dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Samosir, atas kritik dan masukan yang diberikan.

(Jackson Pandiangan)

 10 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of