Samosir, RPN – Akhirnya Pemerintah Kabupaten Samosir, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jumat, 26 Juni 2020 menyatakan dan mengatakan bahwa adanya warga Samosir inisial AP (Anesta boru Pasaribu) pernah melakukan perjalanan di masa Pandemi Covid-19 dari Medan ke Samosir.
Hal ini disampaikan oleh juru bicara GTPP Covid-19 Rohani Bakara,setelah melihat jejak digital dan poto-poto terbaru AP di media sosial.

Untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19, pihak GTPP Covid-19 Kab. Samosir telah menelusuri riwayat perjalanan AP selama di Samosir.
Saat ini ada 17 orang telah menjalani Rapit Test dan hasilnya semuanya dinyatakan “Negatif”.

Mereka juga diwajibkan menjalani isolasi mandiri dengan harapan kasus Covid-19 tidak masuk ke Samosir.

Sebelumnya, Selasa 23 Juni 2020 Pemkab Samosir melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 mengklarifikasi berita terkait adanya 1 orang positif Covid-19 di Kabupaten Samosir, bahwa :
Alamat si pasien tersebut berada di Samosir sesuai KTP.

Pasien tersebut adalah warga Samosir yang bekerja dan tinggal di luar Samosir saat ini. Juga tidak pernah melakukan perjalanan ke Samosir selama masa pandemi Covid-19. Jadi dapat dipastikan pasien tersebut tidak terpapar di Kab.Samosir.

Secara terpisah, komunikasi awak media dengan AP (Anesta br Pasaribu) mengatakan bahwa, AP pukang ke Samosir Jumat 5 Juni 2020. Sesampainya di Samosir,dia isolasi mandiri di rumahnya selama 1 minggu. Minggu 14 Juni 2020 dia jalan-jalan ke Pantai Sigurgur. Selasa 16 Juni 2020, AP balik ke Medan dengan menaiki mobil transportasi Sampri.

Saat ini, AP berada di Ruang Isolasi Mandiri di Rumah Sakit Umun Siti Hajar – Medan.
Pasien tersebut telah menjalani rangkaian pemeriksaan Rapit Test dan Swab Test dengan biaya sendiri.

Baca Juga :  Resmi, Kaldera Toba Sebagai UNESCO Global Geopark

Rangkaian pemeriksaan tersebut sudah dikirim pihak.Rumah Sakit Siti Hajar ke Rumah Sakit Murni Teguh – Medan. Sampai dengan Jumat malam 26 Juni 2020, AP mengatakan bahwa pihak dari Rumah Sakit Siti Hajar belum memberitahu hasil pemeriksaan tersebut kepada dirinya.


Reporter: Jackson Pandiangan

 8 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of