Surabaya, RPN — Kegiatan pembinaan teritorial (binter) terpadu daIam rangka Serbuan Teritorial TNI AD TA 2020 berupa Sosialisasi Komsos Cegah Tangkal Paham Radikalisme/Separatisme kepada komponen bangsa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Kepemudaan para Babinsa, Bhabinkamtipmas di Gedung Balai Prajurit Kodam V/ Brawijaya Surabaya, jumat (26/06/2020)

Demikian sambutan Aster yg disampaikan oleh Waaster Kodam V/Brawijaya Letkol Vivin Zudi mengawali acara sosialisasi Komsos Cegah Tangkal Paham Radikalisme pada kegiatan Binter Terpadu di wilayah Kodam V/Brawijaya didampingi Pambadya Kodam Letkol Didi Suryadi.

Selaku penanggung jawab kegiatan, Aster Kodam menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut, dan mengajak kepada seluruh pihak yang terlibat untuk menyatukan visi, misi dan persepsi, agar pada kegiatan yang bersifat kolektif ini dapat mencapai sasaran yang diharapkan.

Kegiatan ini bertemakan ” Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Paham Radikalisme/Separatisme Dalam Bingkai NKRI”. Arti radikalisme itu sendiri merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara drastis Iewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem.

“Ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari sikap dan paham radikal, seperti sikap intoleran, fanatik, eksklusif dan revolusioner,” jelas Aster.

Juga ada beberapa strategi dalam menghadapi radikalisme, di antaranya kontra radikalisasi, yakni upaya penanaman nilai-nilai ke-Indonesiaan serta nilai-nilai non-kekerasan. Dalam proses ini, strategi yang dilakukan melalui pendidikan, baik formal maupun nonformal.

Kontra radikalisasi diarahkan masyarakat umum melalui kerja sama dengan para tokoh agama, pendidikan, masyarakat, adat, dan tokoh pemuda serta stakeholder lain dalam memberikan nilai-nilai kebangsaan.

Penyampai materi wasbang mengakhiri pemberi materi Wasbang Pambadya Kodam Letkol Didi Suryadi menyampaikan, bila sinergi dan komitmen yang kuat bisa terjalin dengan baik, Insya Allah tujuan untuk mewujudkan suatu pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan daerah khususnya yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat, baik yang berada di daerah pedesaan, kawasan tertinggal maupun daerah-daerah yang terisolir di Nusantara akan tercapai.

Baca Juga :  TMMD Sengkuyung Tahap III Sukses Bangun Jalan Dan Rumah Tidak Layak Huni

Menurut Aster Kodam yang diwakili Waaster Letkol Vivin Zudi kondisi keamanan Wilayah Jawa Timur sampai saat ini tetap terjaga dengan aman dan nyaman serta kondusif.

Bbh

 22 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of