Jepara,RPN – Babinsa Kelurahan Pengkol Koramil 01/Jepara Kodim 0719/Jepara Serda Saiful Rofik menghadiri rapat di Aula Kelurahan Pengkol, Kecamatan Jepara, Rabu (24/06).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Lurah Pengkol H. Aris ini membahas tentang realisasi Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan dan sosialisasi program Jogo Tonggo. Rapat ini dihadiri Bhabinkamtibmas, LPM kelurahan Pengkol, Ketua RW dan RT, Bidan dan perangkat kelurahan.

H. Aris, Lurah Pengkol mengatakan, dalam rapat ini dibacakan rincian penggunaan Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan Kelurahan Pengkol, yang mana dana anggaran proyek pembuatan untuk membangun jalan, dipangkas guna pembiayaan penanganan Covid-19.

Menurutnya, pembahasan DAU Tambahan tersebut, agar masyarakat mengerti dan faham tentang anggaran yang ada di Kelurahan Pengkol, yang mana dalam anggaran tersebut telah terjadi pemangkasan yang bersumber dari APBD yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Sebagian dari Dana Alokasi Umum Tambahan, kita pangkas dan kita alihkan untuk menangani masalah Covid-19 di Kelurahan Pengkol,” katanya.

Selain itu, dalam rapat juga membahas tentang pembentukan Satgas Jogo Tonggo yang merupakan gagasan dari Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo, dengan mengajak seluruh warganya menjadi garda terdepan penanganan wabah covid-19 berbasis masyarakat di tingkat RW.

Progam Jogo Tonggo ini mencakup dua hal, yakni jaring pengaman sosial dan keamanan, serta jaring ekonomi. Jaring pengaman sosial dan keamanan meliputi sosialisasi, pendataan dan pengamanan warga. Sedangkan jaring pengaman ekonomi akan memastikan tidak ada satupun warga yang kelaparan selama wabah dan mengusahakan kegiatan ekonomi warga berjalan dengan baik pasca wabah.

Sementara Babinsa Serda Saiful Rofik menambahkan, secara umum, pembentukan progam Jogo Tonggo ini untuk memudahkan Pemerintah Daerah dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di tingkat RT, RW dan Kelurahan. Serta mengajarkan masyarakat tentang pentingnya hidup bermasyarakat yang baik dan tidak apatis terhadap tetangga sekitar.

Baca Juga :  Polres Kota Kediri Lakukan Razia Cipta Kondisi

“Satgas Jogo Tonggo nantinya beranggotakan seluruh elemen masyarakat dengan dipimpin oleh Ketua RW setempat dan diwakili seluruh Ketua RT. Mari kita bersama bantu sukseskan progam dari pemerintah ini,” imbuhnya.

Dp-jpr

 12 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of