Jepara,RPN – Satgas Covid-19 Kecamatan Mayong mengambil langkah contact tracking kepada orang yang pernah kontak dengan pasien Covid-19 warga Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong. Hal ini untuk mengendalikan pergerakan penyebaran dari orang yang positif Covid-19.

Tim yang dipimpin langsung oleh Camat Mayong Rini Padmini ini mengadakan rapat terlebih dahulu di Pendopo Balai Desa Pelemkerep, Kecamatan Mayong. Hadir juga Danramil 05/Mayong yang diwakili Serma Kuswono, Kepala Puskesmas Mayong 1 Karsono, S.Kep, MM, Kapolsek yang diwakili Ipda Fitri, Petinggi Desa Pelemkerep dan anggota Satgas lainnya.

“Kita lakukan contact tracking kepada siapa saja yang pernah berhubungan atau kontak langsung dengan pasien. Baik dari keluarga, maupun warga masyarakat,” kata Rini Padmini dalam sambutannya.

Contact tracking sendiri merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang tengah terjadi yang dilakukan oleh petugas kesehatan. Contact tracking dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas.

Mewakili Danramil, Serma Kuswono yang sekaligus Babinsa setempat menyebut, pelaksanaan contact tracking ini karena ada salah satu warga yang positif Covid-19. Dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan dari Tim Satgas Covid-19 desa.

“Harapannya dengan contact tracking ini, penyebaran virus dapat terkendali. Ini adalah konsep yang digunakan mendeteksi jumlah orang yang terinfeksi setelah melakukan kontak dekat dengan pasien atau orang yang positif,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan selalu mendampingi tim medis Puskesmas Mayong 1 dalam melakukan contact tracking, agar pelaksanaannya berjalan dengan aman dan lancar.

“Penularan Covid-19 bisa melalui droplet, sehingga orang yang kontak dekat dengan pasien positif, lebih cenderung berpotensi tertular. Mereka nantinya juga dapat menularkan kepada orang lain. Oleh karenanya, dalam pelaksanaan tracking ini, pihak Koramil dan Polsek akan mengawalnya, sehingga dapat berjalan aman dan lancar,” tandas Kuswono.

Baca Juga :  Plt Danramil dan Kapolsek Batealit Pelopori Penyemprotan Disinfektan Di Desa Mindahan

Dp-jpr

 10 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of