Jepara,RPN – Babinsa jajaran Kodim 0719/Jepara terus gencar dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini bukan tanpa sebab, virus yang berasal dari Wuhan, China ini semakin hari semakin mewabah, bahkan banyak yang meninggal karenanya.

Seperti yang dilakukan Babinsa Geneng Koramil 03/Batealit Kodim 0719/Jepara Koptu Agus Sutejo bersama Bhabinkamtibmas dalam pendampingan rapid test kepada ODP (Orang Dalam Pemantauan) di Desa Geneng, Kecamatan Batealit, Rabu (10/06/2020).

Koptu Agus menuturkan, pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas kepada tim kesehatan guna kelancaran dalam pendataan dan pemeriksaan rapid tes kepada ODP, baik setelah menjalani perjalanan luar daerah, maupun yang pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Ia menambahkan, pelaksanaan rapid test ini sebagai langkah awal guna mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19. Dengan demikian, pihak medis dapat segera melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus COVID-19 tidak semakin bertambah.

“Rapid test ini adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Covid-19. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Covid-19,” jelasnya.

Dirinya meminta kepada semua warga, agar tidak menyimpulkan sendiri-sendiri tentang pelaksanaan rapid test oleh petugas kesehatan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesimpangsiuran di tengah masyarakat.

“Untuk hasilnya kita tunggu dari pihak tim medis saja. Saya harapkan tidak ada warga yang menyimpulkan sendiri-sendiri. Lebih baik menunggu keterangan dari tim medis,” tandas Koptu Agus.

Dp-jpr

 8 total views,  1 views today

Baca Juga :  Babinsa Bersama Perangkat Desa Pasang Spanduk Pencegahan Virus Corona

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of