Jepara,RPN – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah pusat hingga pemerintah desa dalam mencegah penyebaran Covid-19. Hal ini untuk menekan penyebaran virus yang menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, yang hingga saat ini sudah merenggut ribuan bahkan jutaan nyawa di dunia.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 02/Kedung Kodim 0719/Jepara Serda Prabowo bersama Petinggi, perangkat desa, Bidan dan BPD Desa Sowan Lor, dalam memberikan sosialisasi di Pasar blok M Desa Sowan Lor, Kecamatan Kedung, Senin (08/06/2020).

Sosialisasi yang diberikan yakni tentang bagaimana cara pencegahan penyebaran Covid-19, virus yang hampir melanda seluruh negara di dunia. Sosialisasi ini menyasar pedagang dan pengunjung pasar. Selain memberikan sosialisasi, mereka juga membagikan masker secara cuma-cuma.

Babinsa Serda Prabowo mengatakan, virus Covid-19 dapat menyerang manusia diberbagai usia, dan sangat rentan bagi yang sudah lanjut usia, apalagi yang sudah mempunyai penyakit bawaan.

Apabila seseorang terpapar Covid-19, secara umum akan mempunyai gejala-gejala seperti demam ≥380 C, batuk kering, dan sesak napas. Akan tetapi banyak juga yang tanpa gejala apapun, atau OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Ini yang sangat berbahaya. OTG tidak berasa apa-apa, tetapi bisa menularkan kepada orang lain,” jelas Prabowo saat dikonfirmasi disela-sela sosialisasinya.

Ia juga meminta agar seluruh warga, khususnya para pedagang dan pengunjung untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah, tidak bersalaman, tidak mengusap hidung, mulut dan mata, menjaga jarak aman minimal 1 meter dengan orang lain, serta menghindari kerumunan banyak orang.

“Jika semua orang menyadari akan bagaimana cara pencegahannya, saya yakin virus ini dapat kita lawan dan tidak akan menyebar. Jangan panik dan tetap waspada,” pungkasnya.

Dp-jpr

 10 total views,  1 views today

Baca Juga :  Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Sumenep Peduli Kepada Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of