Advertising

SUMENEP, RPN – Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, menggelar seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumenep tahun 2020

Acara tersebut dibuka langsung Oleh kepala (Disparbudpora) Sumenep, Drs.Bambang Irianto,M.Si, dan Bidang Pemuda dan Olahraga (Kabid Pora) Disparbudpora Sumenep, H. Subiyakto, SH., MH bertempat di depan Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumenep dan seleksi tahap pertama dimulai pada tanggal 22 sampai 23 Februari 2020.

Advertising/Iklan

Seleksi calon Paskibraka ini dilaksanakan di depan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jalan Urip Sumoharjo desa pabian diikuti oleh 423 pelajar SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta di Kabupaten sumenep.

Salah satunya mempersiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam kegiatan yang sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia.

Hal itu terbukti disampaikan oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga (Kabid Pora) Disparbudpora Sumenep, H. Subiyakto, SH., MH saat ditemui media RPN di ruang kerjanya, Jumat (22/5/2020).

Ia menjelaskan, Capaska (Calon Paskibraka) yang mengikuti seleksi tahap pertama sebanyak 423 orang dengan rincian 229 laki-laki dan 194 perempuan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Dengan Masing-masing Kabupaten/Kota harus mengirimkan enam peserta, yaitu tiga orang putra dan tiga putri. Untuk persiapan Nasional” terangnya.

Menurut Subiyakto, dengan terus melakukan latihan lebih intens lagi pada pagi dan sore hari, diharapkan konsentrasi Paskibraka akan lebih optimal.

“Sebab, diakuinya, latihan Paskibraka tahun ini harus dilakukan dengan kewaspadaan mengingat terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah setempat” ujarnya.

Sisi lain, ditambahkan Subiyakto, hal tersebut juga menjadi motivasi kepada anggota paskibraka untuk tetap latihan dengan penuh ekstra konsentrasi, meski dalam kondisi apapun.

Baca Juga :  Hardiknas 2020 Angkat tema "Belajar dari Covid-19", Ini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep

“Ini merupakan tantangan untuk kesuksekan tugas yang diembannya sebagai anggota Paskibraka guna menyukseskan kegiatan upacara bendera HUT RI yang ke-74 ini di istana presiden 2020,” tukasnya.

Adapun daftar peserta yang lulus seleksi calon paskibraka (CAPASKA) Provinsi Jawa Timur tahun 2020, dari MAN Sumenep 2 orang, SMAN 1 Sumenep 3 orang dan SMAN 1 Kalianget 1 orang.

Mereka merupakan hasil seleksi dari 423 peserta, yang terdiri dari 229 Laki laki dan 194 Perempuan dari berbagai SMA Negeri/Swasta Se Kabupaten Sumenep

(Dy/Zain)

iklan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of