Jepara,RPN – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H di ruang kerja Plt Bupati Jepara, semalam (19/05/2020).

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi memimpin langsung rapat yang juga dihadiri oleh Kapolres Jepara, Kajari, Ketua Pengadilan Agama, Ketua DPRD, Asisten II Jepara, Sekda Jepara, Ketua MUI, Kepala Kemenag Jepara, Ketua PD Muhammadiyah dan wakil PCNU Jepara.

Rapat koordinasi ini membahas tentang prosesi rangkaian selama Idul Fitri. Dimulai dari takbir keliling dan pelaksanaan sholat Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, agar tidak terjadi ketimpangan di kalangan bawah tentang pelaksanaan sholat Ied ini.

Dalam kesempatan itu, Komandan Kodim Letkol Arm Suharyanto meminta semua pihak untuk bijak dalam menyikapi imbauan MUI pusat. Yang mana MUI memberikan 3 ketentuan, yakni boleh, memperbolehkan dengan syarat, dan tidak memperbolehkan sama sekali.

“Oleh karenanya kita harus bijak dalam menyikapi imbauan dari MUI pusat yang memperbolehkan tetapi juga melarang,” jelas Dandim.

Lebih lanjut, Dandim menyampaikan, di lingkungan TNI sendiri, Masjid atau musholla yang ada di lingkup TNI tidak diperbolehkan menyelenggarakan ibadah yang sifatnya berjamaah banyak. Tertutup hanya untuk kalangan saja.

“Dan juga melaksanakan protokol ibadah di tengah pandemi, dengan memberikan jarak antara jamaah satu dengan lainnya, wajib menggunakan masker, dan tidak diperbolehkan bersalaman. Semoga ini dapat menjadi acuan bagi kita semua,” imbuhnya.

Setelah mendengar berbagai usulan, saran dan masukan, rapat koordinasi memutuskan pelaksanaan sholat Ied di laksanakan di rumah masing-masing dengan berjamaah bersama anggota keluarga.

Selain itu, tidak melakukan takbir keliling. Takbiran dilaksanakan di mushola atau masjid dengan pengeras suara dan tidak melibatkan banyak orang, serta memperhatikan protokol kesehatan. Silaturrahmi atau halal bihalal yang lazim dilakukan waktu Idul Fitri agar tidak dilaksanakan, cukup melalui media sosial.

Baca Juga :  DAK Bidang SD Kabupaten Karawang Realisasi Mencapai 94 persen

Warga diharap tetap tenang dan tidak panik, lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, serta senantiasa memperhatikan instruksi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terkait pencegahan dan penanganan covid-19.

Dp-jpr

 8 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of