SUMENEP, RPN – Merabaknya wabah Corona pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan penutupan sementara tempat wisata saat lebaran hari raya idul fitri 1441 H, tahun 2020 ini.

Dua tempat wisata yang ditutup milik pemkab Sumenep ini adalah Pantai Lombang, di Kecamatan Batang-Batang Sumenep dan Pantai Slopeng, di Kecamatan Dasuk Sumenep.“Penutupan tempat wisata tersebut upaya dari Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Suemenp.

Kadisparbudpora Kabupaten Sumenep, Drs.Bambang Irianto, M. Si. menyatakan lokasi wisata milik Pemkab Sumenep tetap ditutup disaat lebaran tahun 2020 ini atau hari raya idul fitri 1441 H.

“Penutupan wisata ini akan dibuka kalau Sumenep benar-benar steril dari wabah Covid-19,” terang Bambang Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga (Kadisparbudpora) Sumenep kepada wartawan RPN.

Bambang menyatakan juga, bahwa penutupan tempat wisata di tengah pandemi Covid-19 tersebut sudah menjadi dari kebijakan skala nasional.

Termasuk juga kata Bambang, biasa disapa seiring pula dengan pemerintah daerah yang juga mengeluarkan kebijakan yang sama mencegah penyebaran selama pandemi Covid-19, khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Kami meminta agar masyarakat Sumenep tidak berkunjung ke tempat-tempat wisata sementara waktu atau selama pandemi Covid-19,” ujar Bambang Irianto, seraya berharap juga agar masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Bambang kembali menyatakan, dimana penutupan tempat-tempat wisata itu bertujuan agar untuk menghindari terjadinya kerumunan sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19, khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Ini sebagai dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di kawasan Sumenep,” jelas Bambang, karena kalau tetap dibuka, warga akan berbondong-bondong datang ke lokasi wisata, sehingga itu akan menjadi lokasi penyebaran wabah tersebut.

Baca Juga :  Desa Sukajeruk, Alokasikan 35 Persen APBDes Untuk BLT-DD

Karena mengingat jika mengacu pada saat momen lebaran tahun-tahun sebelumnya, dua lokasi wisata di Sumenep, seperti Pantai Lombang dan Slopeng itu selalu menjadi tujuan utama warga sumenep dalam menikmati liburan atau berwisata.

Sebab, karena di dua lokasi wisata milik Pemerintah Kabupaten Sumenep itu, banyak digelar berbagai jenis seni budaya khas Sumenep, apalagi momentum libur lebaran idul fitri atau hari raya.

Dy/Zain

 59 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of