Magelang,RPN – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, S.E. M.M. memastikan kesiapan Satuan Tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia – Republik Demokratik Timor Leste (RI-RDTL) dengan pengecekan secara langsung di Markas Komando Batalyon Armed 3/105 Tarik. Rabu (13/5/2020)

Anggota Satgas sebanyak 400 prajurit ini sebelumnya telah menyelesaikan latihan pratugas di tiga tempat berbeda yaitu Wonosegoro Kab. Boyolali, Kedungjati Kab. Grobogan dan Bancak Kab. Semarang.

Pangdam menekankan kepada prajurit Yonarmed-3/105 agar nantinya kondusifitas wilayah perbatasan, khususnya pada aspek keamanan dan kehidupan masyarakat secara wajar dan normal harus dilaksanakan sesuai dengan kaidah hukum Internasional. Sedangkan penyelesaian masalah sosial perlu dilakukan dengan pendekatan budaya dan adat istiadat setempat.

“Pahami adat istiadat dan kebiasaan masyarakat di daerah penugasan dengan berpedoman pada Delapan Wajib TNI. Pahami dan kuasai medan, serta situasi yang berlaku di daerah operasi dari kemungkinan terjadinya ancaman, untuk mengeliminir kerugian personel dan materiil.” tegas Pangdam.

Diakhir amanat Pangdam berpesan kepada seluruh prajurit agar tetap menjaga kesehatan dan selalu berserah diri kepada Tuhan YME dalam setiap kondisi apapun.

Hadir mendampingi Pangdam IV/Diponegoro dalam pemeriksaan kesiapan operasi tersebut diantaranya Irutum Kolonel Inf Priyanto, para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam IV/Diponegoro, Wadanrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf Iwan Rosandrianto, S.I.P. dan Dandim 0705/Magelang Letkol Czi Anto Indriyanto, S.Sos.

Pungki/Adi

 27 total views,  1 views today

Baca Juga :  Polres Sumenep Gelar Konferensi Pers Pengungkapan 12 Kasus Narkoba

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of