SUMENEP, RPN – Desa Sukajeruk Kecamatan Kepulauan Masalembu Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, akan Alokasikan 35 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD), untuk Warga terdampak ekonomi, kehilangan Pekerjaan akibat Covid-19. Senin (04/05/2020)

Sekertaris Desa (Sekdes) Setempat Ahmad Sholeh, mengatakan Alokasi 35 persen tersebut mengacu pada Peraturan Meteri Desa, PDTT no 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa, yang menyatakan Pagu Dana Desa (DD) di atas Rp 1,2 Miliar harus mengalokasikan 35 persen untuk BLT-DD.

“Desa Sukajeruk akan menggunakan alokasikan 35 persen sesuai dengan Aturan Permen Desa PDTT no 6 tahun 2020” katanya melalui saluran telfon

Ahmad Sholeh menjelaskan Penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa BLT-DD bukan merupakan Penerima Program Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH, atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Melainkan masyarakat atau warga terdampak secara ekonomi, yang kehilangan mata pencarian akibat Covid-19, atau warga yang mempunyai Keluarga yang sedang sakit.

“Bantuan BLT-DD ini di Luar Bansos PKH, BPNT melaikan warga masyarakat yang tersampak Covid-19, misalnya kehilangan mata pencarian, atau keluarga miskin yang tidak terdata selama ini” Jelas Mantan Aktivis HMI ini.

Bahkan Pihaknya juga mengaku untuk menghindari tumpang tindik data penerima manfaat, pihaknya juga sudah memaksimalkan RT/RW setempat untuk melakukan verifikasi Data penerima manfaat, dan sudah di finalisasi dalam musyawarah Desa yang di lakukan Minggu Malam 03/04/2020 di Pendopo Desa setempat.

“Tadi malam kami selenggarakan musdes Bersama RT/RW, BPD, dan Polsek Masalembu, untuk finalisasi Data Penerima BLT-DD, dan langsung dikirim Dini Harinya” Tambahnya

Ahamad Sholeh Berharap Dana Desa segera dicairkan oleh Pemerintah Pusat, supaya masyarakat yang membutuhkan di tengah Pandemi Covid-19 segera mendapatkan manfaat dari BLT-DD, seperti yang di ketahui Dana Desa tahun anggaran 2020 Tahap pertama yang seharusnya, sudah cair sekitar Bulan Februari sempat tersendat akibat Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan, Polsek Baradatu Gelar Razia Masker

“Saya berharap Dana Desa segera Turun, biar bisa segera Di bagikan ke masyarakat melalui Program BLT-DD, karena akibat Pandemi Covid-19 ini banyak warga desa sukajeruk yang membutuhkan bantuan dari Pemerintah” Tutupnya Berharap.

Dy/Zain

 16 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of