Demak,RPN – Pandemi Covid-19 menjadi permasalahan utama bangsa ini, karena proses penyebarannya yang begitu cepat dalam menjangkit masyarakat. Berbagai kebijakan pun dilaksanakan sebagai upaya preventif sekaligus represif untuk mengatasi wabah tersebut. Faktanya dalam menyikapi pandemi Covid-19, tentu keselamatan nyawa manusia lebih penting dari pada apapun, karena telah dijamin oleh Pembukaan Undang-Undang Dasar NKRI Tahun 1945 yang menegaskan negara melindungi seluruh tumpah darah Indonesia.

Pandemi Covid-19 merupakan virus yang menyebar diseluruh dunia dengan begitu cepat, termasuk di Indonesia, sehingga mengakibatkan terhentinya berbagai aktivitas masyarakat, khususnya sosial, ekonomi dan pendidikan. Sejak diumumkan pertama kali pada awal Maret 2020, mengenai keberadaan pandemi Covid-19 di Indonesia, nyatanya virus tersebut telah mengakibatkan Ratusan korban jiwa. Sehingga kerugian tersebut perlu menjadi catatan penting kita guna memberikan upaya terbaik, dalam memberikan edukasi pada masyarakat, agar meminimalisir penularan serta korban jiwa yang ditumbulkan. Faktanya pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berarti, untuk merefleksikan bagaimana rasa kemanusiaan dan solidaritas kita sebagai sebuah bangsa yang beradab.

Untuk itu, Komandan Kodim 0716/Demak bersama pemerintah Kabupaten Demak bersinergi dalam menangani penyebaran corona di Kabupaten Demak. Berbagai upaya pun telah dilaksanakan diantaranya penyemprotan Cairan Desinfektan secara serentak serta pemberian himbauan pencegahan penyebaran virus corona.

Idealnya kebijakan apapun yang diberlakukan pemerintah saat tengah menghadapi Pandemi Covid-19, tentu perlu berorientasi pada keselamatan nyawa masyarakat. Orientasi kebijakan tersebut, termasuk pada pemenuhan kebutuah dasar masyarakat untuk hidup, terlebih yang berkategori miskin, maka pemerintah wajib menjaminnya melalui mekanisme bantuan yang adil, tepat sasaran serta menyeluruh, tidak berfokus pada satu kategori.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M.Ufiz S.I.P.M.I.Pol menyampaikan Pandemi Covid-19 ini telah melumpuhkan aktivitas ekonomi masyarakat, mereka yang berprofesi sebagai pekerja harian, buruh lepas, tentu akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Peristiwa sosial tersebut perlu menjadi perhatian khusus pemerintah dalam memberikan kesinergisan yang nyata, sehingga keberadaannya pun memang terasa oleh masyarakat terkait.

Baca Juga :  SDM Polri Ajak Anggota Istighosah Serentak Lawan Covid - 19

Sinergitas bersama akan terlaksana apabila telah menemukan orientasi bersama, tentu lazimnya keselamatan nyawa masyarakat menjadi output utama diberlakukan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah. Dalam konteks sinergitas yang perlu menjadi perhatian serius bagi masyarakat, maka mereka perlu mengikuti anjuran masyarakat untuk tidak beraktivitas seperti biasanya.

Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran penting bangsa ini, baik dalam mempersiapkan ketahanan bangsa yang komprehensif, khususnya dalam bidang kesehatan, maupun memberikan bukti nyata mengenai orientasi kebijakan dari pemerintah serta kedewasaan masyarakat. Tentu pelajaran tersebut perlu menjadi perhatian utama dalam memperbaiki komitmen kita sebagai sebuah bangsa, khususnya dalam mengutamakan kepentingan bersama.

Sejak dulu bangsa ini memiliki spirit kuat, baik sebagai bangsa yang religius, maupun bangsa yang mempercayai hasil dari “perjuangan bersama” sebagai bangsa yang multikultural, dalam menghadapi hambatan dan tantangan apa pun. Komitmen kebangsaan tersebutlah yang harus digemakan kembali secara nyata, khususnya dalam ikhtiar memenangkan pertarungan melawan pandemi Covid-19 yang diejawantahkan melalui sinergitas bersama.

Adi

 5 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of