Kepala dinas pendidikan kabupaten suemenep, Drs. Ec. Carto. MM.

SUMENEP, RPN– Dinas Pendidikan (Dinsdik)Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, bakal menerapkan metode pembelajaran baru di tahun 2020 untuk meningkatkan mutu pendidikan

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep, Drs. Ec. Carto, MM, pada awak media, Selasa (28/4/2020), bahwa mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep ini harus ditingkatkan. Untuk itu butuh merubah metode pembelajaran yang ada.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, kita akan menerapkan dua metode pembelajaran yaitu, merubah cara mengajar guru menggunakan metode literasi dan diskusi agar tidak menoton. Memberikan motivasi semangat belajar pada murid,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Carto menjelaskan, metode pembelajaran menggunakan literasi, numerasi dan diskusi mulai tahun ini akan dirubah menggunakan media pembelajaran.

“Nanti guru itu ngajarnya semua memakai media pembelajaran, jadi tidak hanya menggunakan kapur tulis dan papan tulis, tapi sudah dilengkapi dengan alat peraga (media pembelajaran),” jelasnya.

Bahkan, dijelaskan Carto, bahwa saat ini mulai dari kelas 1 SD meja belajarnya sudah model diskusi semua.

“Jadi sudah tidak ada murid-murid itu menghadap satu arah ke depan, semuanya sekarang menggunakan metode diskusi dan literasi. Belajarnya juga saat ini tidak hanya didalam kelas tapi juga bisa memanfaatkan lingkungan dan alam sekitar,” katanya.

Disisi lain, demi meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa dan siswi, menurutnya kini butuh diberikan motivasi semangat belajar tinggi, baik melalui penghargaan, lomba, event dan lainnya.

“Motivasi untuk anak-anak siswa saat ini kendor. Untuk itu saat ini guru dan pemerintah harus turut serta memberikan motivasi belajar bagi siswa,” terangnya.

Carto menambahkan, memberikan motivasi bagi siswa bisa melalui menampilkan karya siswa/siswi pada momentum seperti tujuh belasan, bisa cerdas cermat dari tingkat bawah atau foto bareng Bupati bagi siswa berprestasi dan sebagainya.

Baca Juga :  Program Kelas Unggulan MAN Demak

“Dengan begitu tanpa disuruh pun siswa dan siswa akan tambah semangat belajarnya,” pungkasnya.

(Dy/Zain)

 62 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of