Purwokerto,RPN – Sejak pandemi Covid-19, Kodim jajaran Korem 071/Wijayakusuma bersama Polres dan Pemerintah Daerah serta komponen masyarakat, menggelar dapur lapangan secara serentak dan tersebar di wilayah Korem 071/Wijayakusuma, dalam rangka membangun budaya empati terhadap masyarakat. Memasuki awal Ramadhan 1441 H Korem 071/Wijayakusuma bersama Kodim 0701/Banyumas, Polresta, Pemda dan komponen masyarakat kembali mengoperasionalkan dapur lapangan di kompleks Makodim 0701/Banyumas, Purwokerto, Banyumas. Jumat (24/4/2020).

Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., mengatakan bahwa didalam 8 Wajib TNI salah satu isinya adalah membantu mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya, diantaranya warga yang terdampak Covid-19. Untuk itu Korem 071/Wijayakusuma beserta jajarannya berkomitmen untuk membantu masyarakat dengan menggelar dapur lapangan dan membagikan makanan gratis untuk berbuka puasa diawal bulan suci Ramadhan, dalam pemenuhan kebutuhan makanan bagi masyarakat ditengah situasi seperti saat ini.

“Sebagai bagian dari masyarakat bangsa dan negara, kita prajurit TNI haruslah tanggap dengan apa yang sedang terjadi saat ini. Karenanya, Korem 071/Wijayakusuma beserta segenap komponen yang ada diwilayah Banyumas khususnya, peduli dan berempati terhadap kesulitan-kesulitan yang sedang dialami masyarakat, dengan membantu mensuplai makanan kepada mereka yang membutuhkan”, ungkap Danrem.

“Kegiatan masak di dapur lapangan pada hari ini menyiapkan 1.000 nasi box siap saji. Distribusinya, selain dibagikan kepada masyarakat yang sudah atau belum mendapat bantuan langsung dalam Jaring Pengaman Sosial yang diberikan pemerintah, juga disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di seputaran Purwokerto, seperti para pekerja di sektor informal sepanjang jalan Jenderal Soedirman Purwokerto (tukang becak, juru parkir, tukang tambal ban, portir dll) serta para relawan yang menjaga di kampung isolasi mandiri. Selain itu, didistribusikan juga ke sejumlah Rumah Sakit yang ada di Banyumas khususnya para penunggu pasien kelas 3 RS. Margono, RS. Ajibarang dan RST Wijayakusuma serta tenaga medis. Tehnis pendistribusian logistik kita antar langsung kepada masyarakat.”, terangnya.

Baca Juga :  Penyerahan Naskah Proyek Operasi TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2020 Kodim 0719/Jepara

Danrem 071/Wijayakusuma disela-sela pemberian nasi box kepada penunggu pasien RST Wijayakusuma senantiasa mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing (pembatasan fisik) diantaranya kurangi berkumpul, tetap tinggal di rumah, jika terpaksa keluar ke tempat umum harus mengenakan masker, untuk sementara waktu lakukan ibadah di rumah meskipun bulan suci Ramadhan, kurangi frekuensi pergi berbelanja. Jika terpaksa, usahakan tidak pada saat jam ramai serta yang tak kalah pentingnya adalah batasi kegiatan anak di luar rumah.

“Pada operasional dapur lapangan, baik dalam proses kegiatan memasak dan pendistribusian, kita selalu mempedomani standar protokol kesehatan yang diterapkan WHO, jaga jarak, memakai masker, cuci tangan menggunakan hand sanitizer serta sterilisasi dengan menyemprot disinfektan di sekitar area dapur lapangan”, pungkasnya.

Adi

 5 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of