Jepara,RPN – Pertengkaran dalam rumah tangga merupakan hal yang lumrah terjadi. Baik disebabkan oleh permasalahan perbedaan pendapat atau hal lainnya. Tetapi jika sudah ada kekerasan dalam rumah tangga, tentu sudah bukan hal yang lumrah lagi.

Seperti yang terjadi di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Seorang istri ER mengadukan suaminya RD ke Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara, karena sang suami kerap main tangan saat terjadi pertengkaran.

Oleh DP3AP2KB, keduanya dipertemukan untuk diadakan mediasi guna mencari jalan musyawarah. Mediasi dipimpin oleh Ketua Tim Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Muji Susanto S.H, dan didampingi Babinsa Mulyoharjo Koramil 01/Jepara Serka Muryono, Bhabinkamtibmas Brigadir Kusen dan tim Divisi Pendampingan Korban Ririn S.Psi.

Menurut keterangan dari ER, sebagai pihak pelapor, bahwa dirinya bersama suaminya RD sering bertengkar dengan awal masalah dari hal sepele. Bahkan tak jarang RD sering memukul dirinya. Sehingga ia memutuskan untuk melaporkannya ke DP3AP2KB Jepara.

Setelah dua jam bermediasi, dihasilkan beberapa keputusan bersama, antara lain, RD meminta maaf kepada ER atas kekhilafannya. Sedangkan ER tetap memintai cerai, tak mau berumah tangga lagi dengan RD.

“Kalau ibu ER sudah memaafkan suaminya, tetapi ia tidak mau berumah tangga lagi,” jelas Babinsa Mulyoharjo Serka Muryono saat dikonfirmasi selepas mediasi bersama.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa mediasi yang dilakukan DP3AP2KB Jepara dengan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan upaya dalam menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan, dengan harapan keduanya dapat kembali akur merajut kembali rumah tangganya.

“Ya ini kan usaha terbaik yang bisa dilakukan, dengan mengajak mereka bermediasi untuk kebaikan. Sementara untuk masalah cerai atau tidaknya, kita kembalikan kepada mereka,” pungkasnya.

Baca Juga :  Keren! Begini Potret Upacara 17-An Di Pantai Istambul

Dp-jpr

 52 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of