JOMBANG,RPN — Melihat sosok warga dusun Tambakrejo desa Jombatan, Bpk Maksun hadi, peternak yang boleh dibilang cukup berhasil meraih sukses dari ternak kambing domba yang dipelihara. Saat ini omsetnya jutaan rupiah setiap bulannya.

Usaha ternak kambing sudah dijalani selama empat tahun terakhir. Dia menyulap lahan di bagian samping timur rumahnya yang berada di RT.01/RW .01 Dusun TAMBAKREJO, Desa JOMBATAN, Kecamatan KESAMBEN, Kabupaten JOMBANG menjadi kandang kambing peliharaanya.

Awalnya, ia hanya memelihara delapan ekor kambing. Namun berkat ketekunan dan keuletan bpk Maksun hadi, saat ini kambingnya mencapai duapuluh lima ekor.

“Awalnya delapan ekor, saat ini berkembang menjadi duapuluh lima ekor,” kata bpk maksun, sapaan akrabnya saat diwawancarai RADAR POST NASIONAL di kandang kambingnya.rabu 22/4/2020.

Selain bekerja sebagai seorang pedagang,dan juga punya kolam ikan gurami, hasil dari penjualan kambingnya dapat mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.

Diungkapkan bpk maksun, saat ini ia hanya fokus pada penggemukan saja. Ia belum tertarik ke arah kambing perah etawa, lantaran menyesuaikan pangsa pasar.

Menurut dia, ternak domba merupakan usaha yang pas bagi dirinya yang bekerja sebagai pedagang dan petani. Sebab, untuk merawat ternaknya ia cukup mudah melaksanakannya dan hanya sekedar bisa mengatur waktu saja.

Selain itu usaha ini cukup menggiurkan lantaran pasarnya cukup luas. Apalagi menghadapi hari besar islam Idul Qurban. Bpk maksun menyiapkan kambing yang lumayan banyak untuk hari raya qurban.

Kendati begitu, sampai saat ini ia belum mencari pembantu untuk merawat kambingnya. Sebab jika dihitung secara bisnis masih mampu untuk dikerjakan sendiri dengan bantuan istri dan seorang putranya.

“Nanti kalau sudah lebih dari seratus kambing kemungkinan baru cari orang untuk membantu merawat usaha ternak kambingnya” tutur pak Maksum.

Baca Juga :  Maraton MMD, Langkah Inovatif Mengetahui Permasalahan Kesehatan di Desa

Dengan merasakan keberhasilan dalam berternak kambing,maka pak Maksun mengajak warga sekitarnya untuk ternak kambing. Karena respon positif warga atas ajakan pak maksun untuk berternak, maka sekarang di dusun TAMBAKREJO telah di bentuk kelompok ternak kambing. Dengan nama kelompok ternak “TAMBAKREJO LESTARI” dengan ketua kelompok FAISAL AKBARI.

Dengan di bentuknya kelompok ini di harapkan warga bersemangat untuk meningkatkan mutu dari cara berternak, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Yang tidak kalah penting tujuan dari pembentukan kelompok ternak kambing ini adalah untuk membantu meningkatkan kebutuhan ekonomi para peternak di tambakrejo,kata faizal saat di temui radar post nasional di rumahnya.

Dengan terbentuknya kelompok ini, harapan saya bisa segera dapat bantuan dari Dinas Pemerintah terkait untuk menambah kesejahteraan warga dusun Tambakrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang khususnya kelompok peternak Kambing. harapan pak Maksum.

SECO

 34 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of