SUMENEP, RPN – Dalam Pelantikan Anggota BPD Se Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, Berjalan Khidmad.

Dalam acara tersebut, dihadiri seluruh Muspika dan Kepala Desa Se Kecamatan Batang-batang, tetap mengikuti protokol kesehatan selama wabah virus Covid-19, pada hari Kamis, 16 April 2020.

Dalam sambutan pelantikan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD), Camat Batang-batang, Ir.Joko Suwarno,MM, Menuturkan bahwa, pelantikan anggota BPD yang berjumlah 13 Desa Se- Kecamatan Batang- Batang, untuk mempercepat program pemerintah desa dalam pencegahan wabah virus atau Covid-19.

Kami sengaja mencicil pelantikan sekaligus pengambilan sumpah anggota BPD, terutama menggunakan masker dan physical distancing yang selama ini di terapkan oleh pemerintah di berbagai daerah termasuk Kabupaten Sumenep.

“Pemilihan BPD dipilih secara demokratis sebagai perwakilan masyarakat di setiap dusun, RT/RW setempat,” Tutur Camat Batang-Batang.

Masih Joko Suwarno menyampaikan tugas BPD untuk mendengarkan aspirasi warga dalam program kepentingan masyarakat banyak, yang ada di Dusun, kemudian akan dibawah ketingkat Kepala Desa setempat.

Lanjut Joko Suwarno mengatakan Masyarakat, BPD dan Kepala Desa harus membangun sinergitas dalam menciptakan Desa yang maju dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Bahkan, BPD, sebagai mitra kerja dari pemerintah desa untuk membangun pemberdayaan manusia, dan pembangunan infrastruktur demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mantan Sekertaris Disnaker Sumenep Joko menambahkan yang sudah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 terkait desa, melaksanakan pembangunan desa, dan penyelenggara desa.

Kemudian tugasnya BPD, Mengacu kepada aturan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, sebagai fungsi penyelenggara, bermitra dengan kepala desa, dan pengawasan desa.

“Kepala Desa, perangkat Desa wajib masuk kantor sesuai aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maka setiap kantor Desa wajib ada panjer wajah dan CCTV,” Harapnya

Baca Juga :  Polresta Sidoarjo Bagikan Masker di terminal Bungurasih pada HUT Bhayangkara ke-74

“Untuk meningkatkan kedisiplinan perangkat desa dan kepala desa, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat,” Imbuhnya.

(Dy/Zain)

 5 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of