KENDAL,RPN – Dalam rangka pencegahan wabah virus covid 19, salah satu desa yang ada di kabupaten kendal, yaitu Desa Plososari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.

Kini desa tersebut telah mendirikan posko relawan tanggap covid 19 di kantor Balai desa Plososari kecamatan Patean dengan adanya posko relawan tersebut adanya tim yang terlibat dari masyarakat dan Pemdes.

Relawan juga melakukan penyemprotan dinsifektan di gerbang masuk desa Plososari yang sudah di mulai sejak tgl 28 Maret 2020 dan di posko sendiri Pemdes Plososari juga telah menyediakan bantuan kebutuhan bahan pokok sembako juga perlengkapan bagi warga yg terdapak atau warga ODP yang baru pulang dari perantauan.

Selain itu Pemdes juga melakukan penyemprotan fasilitas umum yang ada di desa plososari, menurut Kades Plososari Bapak Suwardi kami beserta pemdes juga relawan selalu siap siaga dan apapun itu warga yang kerja diluar daerah demi cari nafkah keluarga.

Dalam posisi seperti ini apa mereka jika bertahan kebutuhan hidupnya mencukupi, maka saya selaku kepala desa Plososari menyampaikan ke jajaran pegawai saya yang ada di desa, jika ada warga yang pulang dari perantauan jangan di kucilkan, tapi kita rumah singgahkan serta di bantu kebutuhan pokok makanannya dan perlengkapan serta apabila hal terburuk ODP atau PDP meninggal, warga siap menerima tempat makam yang ada di 8 tempat untuk di jadikan pemakaman.

Hal ini sangat penting karna kita juga merasa kalaul semua ini terjadi pada anda atau keluarga anda bagaimana imbuhnya kades Plososari, saat diskusi dengan Tim Monitoring Ketua Buser Indonesia DPC Kendal. Abdul Rokhim.

Menurutnya warga desa Plososari sadar dan mengantisipasi bersama saling tingkatkan gotong royong.

Baca Juga :  Serah Terima Program Kotaku Kabupaten Jombang 2020

warga ODP sendiri pulang dari perantauan saat ini per tanggal 14 april 2020 mencapai 50 orang itupun pihak pemdes langsung di rumah singgahkan dan pihak pemdes telah menyediakan 4 rumah singgah mandiri bagi ODP dan yang masih di perantauan kurang lebih masih 13 orang.

“Tapi kami selaku Kades dan Pemdes serta relawan akan tetap siaga 24 jam”, imbuh kades Plososari Bapak Suwardi.

( RKM )

 59 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of