Jepara,RPN – Komandan Kodim 0719/Jepara menghadiri Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid -19 Kabupaten Jepara di gedung Shima Sekda Kabupaten Jepara, Senin (13/04/2020).

Dian Kristiandi dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa penyebaran coronavirus Covid-19 di wilayah Kabupaten Jepara cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu, yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian materil serta berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu penanganan Covid 19 di Kabupaten Jepara perlu dilakukan antisipasi penyebaran dampak dengan langkah cepat, tepat, fokus, efektif, terpadu dan sinergi antar perangkat daerah serta stake holder terkait. Yakni perlunya dibentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” ujarnya.

Letkol Arm Suharyanto selaku Komandan Kodim 0719/Jepara mendukung langkah Pemkab Jepara dalam percepatan penanganan Covid-19. Ia menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dalam pemantauan pemudik di Jepara, sehingga data yang didapat selalu update.

“Masalah pendataan pemudik, jajaran kami selalu update untuk para pendatang, sehingga dapat terpantau dan termonitor,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menghimbau kepada seluruh instansi untuk turut memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat, baik sekilas tentang covid-19, dan cara pencegahannya. Sehingga diharapkan warga sadar diri untuk lebih banyak di rumah, menjaga interaksi sosial dan tentunya selalu menggunakan masker.

“Dan harapan saya, petugas di lapangan mendapatkan prioritas dukungan masker, sehingga dalam penyampaian sosialisasi kepada masyarakat mereka tetap aman,” tandasnya.

Sementara Kepala Staf Kodim 0719/Jepara Mayor Inf M Nurul Chabibi selaku koordinator data, pakar, dan analisis GTPP menyebut masih banyak pemudik yang datang ke Jepara hanya didata, tanpa adanya pemeriksaan lanjutan. Hal ini menurutnya sangat riskan, mengingat perkembangan penyebaran Covid-19 sangat tinggi.

Ia mengusulkan agar dalam penggunaan masker tidak hanya sekedar imbauan saja, melainkan diwajibkan bagi warga setiap keluar rumah. Sementara untuk pemetaan potensi kerawanan penyebaran, ia menyebut seperti pabrik, pasar, PLTU, perkantoran pelayanan publik harus menyediakan hand sanitizer dan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

Baca Juga :  Penyaluran BST Di Kecamatan Bancar Dipantau Wakil Bupati Tuban

“Bukan hanya menghimbau, tetapi mempunyai ketegasan untuk di setiap pabrik menyediakan hand sanitizer dan pengecekan suhu kepada setiap karyawan,” paparnya.

Rapat dipimpin langsung oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi ini diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Jepara dan relawan tim GTPP Kabupaten Jepara.

Dp-jpr

 24 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of