Jepara,RPN – Puluhan anggota Kodim 0719/Jepara melaksanakan Donor darah oleh PMI Kabupaten Jepara di Aula Makodim 0719/Jepara, Jl RW Monginsidi No 08 Jepara, Senin (06/04/2020).

Kegiatan ini diikuti Kasdim 0719/Jepara Mayor Inf Muhammad Nurul Chabibi, Pasi Intel Kapten Inf Mukholik, Plt Pasi Ops Letda Inf Agus Supriyanto dan anggota Makodim serta jajaran Koramil.

Kasdim mengatakan, pelaksanaan donor darah tersebut sebagai kegiatan bhakti sosial dalam rangka mengatasi minimnya persediaan darah selama penanganan virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Jepara.

Sebelum pelaksanaan donor darah, menurut Kasdim, peserta donor di cek suhu badan dan dilakukan pemeriksaan tensi darah. Sehingga akan diketahui kondisi peserta donor, apakah dalam keadaan sehat atau keadaan kurang sehat.

“Suhu tubuh yang normal berada di antara 36,5-37,2 derajat Celcius. Sehingga untuk peserta donor dengan suhu badan tinggi, kita larang untuk ikut donor darah, bahkan malah kita curigai, apakah tinggi karena demam biasa atau karena dampak Covid19. Begitu juga untuk tensi darah. Ada 8 orang anggota yang tensinya tinggi dan rendah, sehingga mereka tidak ikut melakanakan donor,” ujar Kasdim.

Lebih lanjut, pria kelahiran Magelang ini mengatakan, bahwa sebelum para pegawai PMI dan peserta donor datang ke ruang aula, pihaknya sudah mensterilkan dengan menyempprotkan cairan disinfektan ke seluruh ruangan. Hal ini untuk memutus rantai virus corona (Covid19).

“Kita kan tidak bisa melihat secara langsung wujud dan bentuk virus ini, dan kita juga tidak tahu virus ini ada dimana, sehingga ruangan aula ini kita semprot disinfektan secara total, dalam arti seluruh penjuru ruangan kita semprot, apalagi kursi dan mejanya,” tandasnya.

Dp-jpr

 4 total views,  1 views today

Baca Juga :  Terpapar Covid -19, BPBD Sumenep Meminta Warga Jaga Jarak Antisipasi Penularan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of