Jepara,RPN – Kantor Hukum M YUSUF & PARTNERS Turut Prihatin dan sangat menyayangkan atas meninggalnya seorang pasien di parkiran Rumah Sakit kartini Jepara, hal itu menurut Kepala Kantor Hukum M YUSUF & PARTNERS yang juga seorang Aktifis pada Lembaga Perlindungan Konsumen Jepara dan Ketua Bidang Perlindungan Konsumen pada Lembaga Konsultasi Dan Bantuan Hukum LKBH Jepara MUHAMMAD YUSUF.SE.,SH.,MH.

Menanggapi kejadian ini Saya menerangkan ” ini adalah potret buram bidang pelayanan kesehatan di Jepara hal ini tentunya jangan sampai pernah terulang kembali, Rumah Sakit di selenggarakan berdasar kan Pancasila dan di dasarkan kepada nilai kemanusiaan etika dan profisionalitas, manfaat , kedilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, perlindungan dan keselamatan pasien serta mempunyai fungsi sosial, tentunya kita semua berharap bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah yang telah di amanati Undang undang bertindak sebagai Pembina dan Pengawas mampu memberikan perlindungan kepada Rumah sakit agar dapat memberikan pelayanan kesehatan secara profisional dan bertanggung jawab” Tuturnya.

Ditambahkan “Solusi awal Plt Bupati Jepara sebagai Pengawas penyelenggaraan Rumah Sakit semestinya menggunakan kewenangannya untuk memanggil dan memintai keterangan Direktur RSU Kartini apabila di dapati ada SOP yang di langgar perlu di lakukan proses hukum lebih lanjut.

Perlu diketahui pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang di jamin dalam Undang undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang harus di wujudkan dengan upaya peningkatan derajat kesehatan masarakat yang setinggi tingginya.

Serta setiap kegiatan dalam upaya untuk memelihara dan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya di laksanakan berdasarkan prinsip NON DISKRIMINATIF, Partisipatif dan berkelanjutan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia Indonesia serta peningkatan ketahanan dan daya saing bangsa bagi pembangunan Nasional.

Baca Juga :  Bupati Demak dan Forkopimda Cek Harga Sembako Jelang Lebaran

Sebagaimana telah diamanatkan dalam Pasal 4 – 5 Undang Undang Republik Indonesia Nomor. 44 Tahun 2009 Tentang RUMAH SAKIT, Rumah sakit mempunyai tugas memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.

Mempertegas dalam Pasal 4 – 8 Undang undang No 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan setiap orang berhak atas kesehatan, akses atas sumber daya bidang kesehatan, pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau, informasi dan edukasi tentang kesehatan yang seimbang dan bertanggung jawab. Hal ini tentunya Sejalan dengan konsep sehat World Healdth Orgaization (WHO) yang merumuskan“sehat” adalah keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan / cacat.

Dp-jpr

 6 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of