Samosir,RPN – Lemon atau Sitrun atau Limun adalah salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis, pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah ini biasa digunakan sebagai penyedap dan dibuat minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon kaya akan vitamin C, kalium, natrium dan lain sebagainya.

Marhuale Simbolon telah berhasi membuktikan hasil pertanian lemon yang berada di dusun Sitonggi-tonggi Desa Litong ni Huta, Kecamatan Ronggur ni Huta Kabupaten Samosir. (15/02). Inilah bukti bahwa Marhuale Simbolon sudah bekerja sebelum berjajji yang sudah terealisasi di tengah masyarakat Samosir dan dapat langsung dirasakan dampaknya.

Pupuk yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan bunga pada pohon lemon yaitu pupuk kompos, yang mana pupuk komposnya pun hasil olahan yang dibuat oleh kelompok tani binaan Marhuale Simbolon, yang bernama Kelompik Tani Kebersamaan berjumlah 17 orang dan ini adalah pola swakarya dalam masyarakat agar masyarakat nantinya peralihan atau transisi swadaya menuju desa swasembada.

“Misi dan Visi Marhuale Simbolon ternyata bukan hanya janji kampanye tetapi sudah terbukti, mungkin kalau tidak saya lihat sendiri saya tidak percaya”, tutur marga Naibaho yang kebetulan berkunjung ke Rumah Kita, yang, mana menjadi rumah tempat berdiskusi. (JanS)

 119 total views,  1 views today

Baca Juga :  Pastikan Idul Fitri 1443 H Kondusif Dan Mengikuti Protkes, Bupati Sumenep Sholat Ied Disela-sela Warga

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of