Karo, RPN – Kejadian kebakaran Lapas Kaban Jahe jalan Bhayangkara. Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada hari Rabu, 12 Februari 2010 pukul 13:35 WIB, awal kebakaran di sebabkan kerusuhan di ruangan kelas IIB.

Diduga penyebab terjadinya kerusuhan karena adanya raziah narkoba dan dikarenakan over kapasitas di Rutan kaban jahe, pasalnya sejumlah warga binaan yang tidak terima akan hal itu emosi ygan memicu kerusuhan dan melakukan pembakaran sejumlah bangunan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB, api pun mulai membakar fasilitas ibadah yang ada di tengah Rutan dan ruang kantor, ratusan aparat kepolisian, TNI dari Batalyon 125 Simbisa dan Damkar, diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu mengendalikan situasi.

Jahari Sitepu selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM Sumut, mengatakan saat raziah oleh petugas kamar Rutan, ditemukan ponsel dan narkoba.Kemudian sejumlah tahanan beserta barang bukti ponsel dan narkoba di bawa ke Polres tanah karo.

Jumlah warga binaan Lapas Kabanjahe kelas IIB yang ada di Rutan saat ini; 241 tahanan dewasa laki-laki, 17 tahanan dewasa perempuan, 1 anak laki laki, dan jumlah Narapidana ; 138 napi dewasa laki-laki, 14 napi dewasa perempuan. Yang mana semua direncanakan akan di evakuasi ke Lapas-lapas terdekat.
Menurut Jahari Sitepu sampai saat ini belum ada kabar tahanan yg melarikan diri. (MarlonS)

 3 total views,  1 views today

Baca Juga :  Penutupan Pasar Peterongan, Forkopimcam Berikan Pemahaman Pada Para Pedagang

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of