Samosir, RPN – LAKSAMANA (Purn) TNI MARHUALE SIMBOLON, S.Pi. adalah putra dari pasangan Melanton Simbolon dan Antani br. Situmorang. Ia merupakan putra asal Samosir yang telah banyak mengabdi bagi bangsa dan negeri ini. Saat ini sudah pensiun dari TNI, terakhir menjabat dari Kadisfaslanal menjadi Pati Mabes TNI AL. Marhuale Simbolon yang berpasangan dengan ROSPITA SILALAHI, A.Md. di karuniai 2 (dua) anak.

Jenderal Parsarune yang satu ini adalah anak asal Samosir yang sukses di rantau, namun tidak lupa dengan bona pasogitnya (kampung kelahirannya) yaitu Samosir. 2 (dua) tahun sebelum pensiun bilau sudah berkarya dan mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga membantu dan membentuk kelompok tani di Samosir. Sebagai ketua SPS se Indonesia ia korbankan untuk mengurus masyarakat bukan sebaliknya, tetapi dia mengurus bukan dia menjadi diurus.

Yang mana riwat karir pekerjaan Marhuale Simbolon, S. Pi. sebagai berikut ; DARMA NUSA tahun 2008, BINTANG JALASENA NARARYA tahun 2012, BINTANG STYA LENGANA KEBAKTIAN SOSIAL 2015, dan BINTANG STYA LEGANA WIRA NUSA 2015.

Saat ini belia tergerak hatinya untuk membangun Kabupaten Samosir karena prihatin dengan Kampungnya sendiri yang masih jauh dari harapan masyarakat Samosir dengan visi: Saya datang membangun dan mencerdaskan. Dengan Misi mengutamakan Ekonomi Pertanian.

Bentuk bantuan kepada masyarakat yang Marhuale Simbolon, S. Pi. wujudkan selama ini adalah sebagai berikut: Bantuan/ pengadaan Handtracktor (jetor) lebih dari 200 unit, bantuan pemipil padi, bantuan pegusir hama babi hutan dan monyet, bantuan pompa air, bantuan selang air, bantuan Embung untuk masyarakat, bantuan Beasiswa, bantuan Bak Raksasa (penampung air warga), bantuan Membentuk Kelompok Tani dan Mengerjakan Tani Lemon, bantuan pembukaan jalan baru akses ke ladang petani melalui alat beratnya, bantuan pupuk kompos (sebagai contoh kemasyarakat), Kegitan yang melahirkan cinta kampong halaman seperti Lomba nyanyi Trio di Kabupaten Samosir, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Membangun Komunikasi Insan Pers di Tengah Kegiatan TMMD

Bakal calon Bupati Samosir Marhuale Simbolon menawarkan konsep pembangunan diawali dari pertanian dan pariwisata. “Persoalan ketidakmampuan keluarga petani untuk mengenyam pendidikan yang lebih layak dan kesehatan sebagai salah satu bukti yang terjadi saat ini,” ujar Marhuale Simbolon.(11/02).

“Lahan pertanian yang terus menyempit yang tak disertai inovasi dari seorang pemimpin. Ini (penyempitan lahan pertanian) akan mengancam kelangsungan hidup petani,” tegas Marhuale Simbolon.

Marhuale meyakini dengan memprioritaskan APBD Samosir untuk pertanian maka akan mensejahterakan rakyat mayoritas petani dan tidak terpinggirkan seperti seperti selama ini. Akibat prioritas pembangunan yang tidak memihak kepada para petani,selama 15 tahun ini mengakibatkan banyak petani yang tidak produktif dan profesional.

Tujuan yang akan dicapainya itu nantinya mendesak dilaksanakan untuk mendukung kehidupan keluarga petani sehingga lahir generasi-generasi yang mampu bersaing di tingkat regional, nasional bahkan internasional. (Daniel)

 16 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of