Jepara,RPN – Babinsa Desa Karangnongko Koramil 05/Mayong Kopda Oktavianto bersama Bhabinkamtibmas Polsek Nalumsari Aiptu Munawir membantu mediasi penyelesaian permasalahan warga, di teras rumah Petinggi Desa Najih Zuhaidi Srianto, Desa Karangnongko, Kecamatan Nalumsari, (01/02/20).

Mediasi permasalahan yang dilaksanakan tersebut antara Suradi (58) dengan anak kandungnya Joko (24), yang juga disaksikan oleh keluarga, Ketua RT, tokoh masyarakat, dan tokoh agama setempat.

Awal permasalahan bermula saat Joko sejak kecil melihat bapak kandungnya sering marah-marah kepada ibunya, dengan memecah barang-barang rumah, bahkan ia sering melihat bapaknya memukul ibunya.

Setelah Joko dewasa, saat bapaknya sedang marah dengan merusak barang-barang rumah, ia memperingatkan dengan memukul bapak kandungnya tersebut, sehingga terjadi perkelahian. Dan saat ini Suradi menjalani perawatan akibat pukulan dari Joko, anak kandungnya.

Petinggi Desa Najih Zuhaidi mengharapkan, permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara damai, mengingat keduanya adalah bapak dan anak kandung dan juga mereka tinggal serumah.

“Mungkin kedua-dua salah. Bapaknya salah, anaknya juga salah. Jadi kami harapkan diselesaikan secara damai,” ujar Najih.

Keterbatasan pendidikan kedua-duanya yang tak tamat Sekolah Dasar, juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penganiayaan. Hal ini dikarenakan, tingkat SDM yang ada masih rendah, sehingga kedua-duanya tidak dapat menahan emosi dan terjadi perkelahian.

Kopda Oktavianto menjelaskan, permasalahan yang terjadi didalam rumah tangga ini merupakan hal biasa di setiap keluarga. Namun alangkah baiknya segala sesuatu diselesaikan dengan kepala dingin. Apalagi masalah antara bapak dan anak.

Ditandaskannya, sebagai seorang bapak, Suradi harus bisa menjadi panutan bagi anak dan istrinya, harus bisa mengayomi bahkan menjadi pelindung keluarga. Sementara Joko sebagai anak harus menghormati bapaknya, karena bagaimanapun juga Suradi adalah bapaknya.

Baca Juga :  Animo Tinggi Pendaftaran Polri Melalui Polresta Sidoarjo

“Kita selesaikan secara baik-baik. Kedua belah pihak harus saling menyadari dan menghargai. Jangan sampai kejadian ini terulang kembali,” tandasnya.

pendim0719/den

 43 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of