SUMENEP,RPN – Sindikat jual beli barang haram Jenis sabu-sabu Lintas daerah yang berada di pulau Madura berhasil diringkus Polres Sumenep pada, Rabu (29/01/2020) lalu. Empat orang ditetapkan tersangka atas transaksi penggerebekan yang dilakukan oleh Satuan Reskoba Polres Sumenep di dua titik,Yaitu di desa Pangarangan Kecamatan kota Sumenep dan area Pelabuhan Ikan Nasional (PIN) di Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan.

Ke-empat tersangka tersebut berinisial MK (21), AL (35), RH (21) dan TR (23). Ketiganya merupakan warga, Desa Sotabar, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan. Sedangkan TR (23), asal, Desa Tamberu Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi melalui Kenferensi pers Didepan Polres Sumenep Bahwa, Kronologi penangkapan berawal dari informasi masyarakat, bahwa tersangka sering masuk ke wilayah hukum Polres Sumenep untuk melakukan transaksi Narkoba jenis sabu.

“Berdasarkan informasi dari warga, pada Rabu 29 Januari 2020 Satuan Reskoba Polres Sumenep berhasil menangkap jaringan obat-obatan terlarang jenis sabu-sabu di dua titik yaitu Desa pengarangan dan di pasongsongan, Jaringan ini termasuk kepada jaringan antar daerah kabupaten dan kepulauan. Dari hasil penangkapan tersebut ditetapkan 4 orang sebagai tersangka yang semuanya dari luar daerah Kabupaten Sumenep, tiga orang dari Kabupaten Pamekasan dan satu orang lagi dari Kabupaten Sampang. Dan dari hasil penangkapan di dua tempat tersebut didapatkan Barang haram jenis sabu-sabu Seberat 27, 21 Gram dari tersangka yang hendak Didistribusikan ke kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep,”Ungkap Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriyadi, S.I.K.,M.I.K. Kamis (30/01/2020).

“Dari penggerebekan itu, dari tangan MK dan AL ditemukan barang bukti (BB) sebanyak 9 poket kantong plastik klip kecil berisi sabu-sabu. Berat kotor masing-masing 1.66 gram, 1,59 gram, 1,58 gram, 1,47 gram, 1,45 gram, 1,36 gram, 1,35 gram, 1,32 gram, 1,32 gram. Berat keseluruhan mencapai ± 13,10 gram, milik tersangka MK dan AL,” tegasnya.

Baca Juga :  5 Pelaku Perampokan di Jalan Karakatau, Empat Pelaku Berhasil Dilumpuhkan Tim Resmob Polrestabes

Kemudian petugas melakukan pengembangan dan berhasil menangkap kedua tersangka lain, yakni RH dan TR, sekitar pukul 08:30 WIB, di area Pelabuhan Ikan Nasional (PIN) di Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasongsongan.

“Saat dilakukan penggeledahan, ditemukan barangbukti dari tangan tersangka RH dan TR berupa satu poket plastik klip ukuran sedang berisi sabu-sabu, dengan berat kotor sekitar 14.11 gram. Setelah ditunjukan, kedua tersangka mengakui adalah miliknya, dan juga mengakui bahwa sebelumya telah menjual sabu kepada tersangka MK dan AL,” tambah Kapolres Sumenep.

Dari hasil transaksi barang haram tersebut keempat tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Subs. Pasal 112 ayat (2) Subs. 132 (1) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. (Zain/Dy)

 21 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of