DEMAK,RPN – Demi mengurangi polusi udara sekaligus untuk penghijauan, babinsa Desa Jragung Sertu Masrokin bersama relawan TAGANA(Tanggap Bencana) dan mahasiswa dari Universitas IAIN Walisongo Semarang menanam pohon jambu Kristal di sepanjang Dukuh Delik Rt 01 sampai dengan Rt 11 RW 14 Desa Jragung Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Minggu 26-01-2020.

Sertu Masrokin yang merupakan anggota dari Koramil 13/Karangawen Kodim 0716/Demak menyampaikan, dengan dipilihnya tanaman berbuah karena pertumbuhannya cepat dan rindang, kalau sudah besar nantinya juga untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta mengurangi efek dari pemanasan global. Tujuan penanaman pohon berbuah ini dalam jangka panjang adalah warga akan menikmati dari buahnya untuk dijual oleh pemilik tanah, selain itu, juga untuk mengisi ruang terbuka hijau, sehingga warga lebih peduli, mereka mau memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada di sekitar mereka.

Masrokin menambahkan salah satu buah favorit semua kalangan adalah jambu biji, dan varietas jambu biji yang paling banyak disukai adalah jambu kristal, karena varietas kristal selain ukurannya lebih besar, rasanya juga manis dan teksturnya lebih renyah dari varietas jambu biji lainnya, bahkan struktur daging buahnya hampir seperti buah apel bercampur pir. Kelebihan utama dari jambu ini adalah tidak memiliki biji, meski dari luar buah ini tidak ada bedanya dengan bentuk buah jambu biji pada umumnya terkecuali masalah ukuran.

“Penanaman pohon Jambu Kristal dan yang lainnya juga sebagai penyeimbang alam. Selain itu bisa mengurangi erosi yang diakibatkan oleh tergerusnya tanah karena kurangnya pepohonan sehingga dapat menimbulkan bencana banjir. Dengan banyaknya pohon maka struktur tanah akan semakin padat dan akar pohon dapat menyerap air. Sehingga bahaya bencana tanah longsor maupun banjir dapat diminimalisir,” Pungkas Sertu Masrokin. (Pendim 0716/Demak/Adi)

 18 total views,  1 views today

Baca Juga :  Tidak Ada Jaringan Telepon dan Tidak Ada Jaringan Internet di Desa-desa di Kecamatan Ulu Pungkut

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of