KARAWANG,RPN-Realisasi penerimaan pajak PBB dan BPHTB per tanggal 9 Desember 2019 sudah melebihi seratus persen atau angka nominalnya yaitu Target PBB Rp 234.134.000 sudah tercapai Rp 244.687.777.163 dengan persentase 104,51 Persen, Sedangkan penerimaan dari BPHTB dari target Rp 334.425.500.000 sudah tercapai Rp 285.060.517 dengan persentase 90 persen.

Demikian dikatakan Kepala Bidang PBB dan BPHTB Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang, H.Endang Chahendra kepada media RPN di ruangan kantor dinasnya, bahwa ia yakin target dari dua pajak tersebut tercapai melebihi seratus persen,berakhirnya tahun anggaran 2019 tinggal menghitung hari. Karena dari 2 item pajak daerah, 1 item telah melampaui target penerimaan, sedangkan pajak BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah) sudah hampir mencapai 90 persen lebih.

H. Endang yang panggilan akrabnya ECHA, Untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya yang dibarengi dengan kebijakan kemudahan mereka membayar pajak, kami di Bapenda Karawang meluncurkan berbagai program pendukung seperti pembayaran pajak online,kerja sama denga Bank pemerintah Sedangkan buat wajib pajak yang telat bayar, kami ingatkan mereka dengan pemasangan stiker peringatan di objek pajaknya.

Lanjut Echa,sepanjang tahun 2019 potensi pajak yang sudah tercapai diatas target perlu di evaluasi sebagai bahan peningkatan penerimaan pajak ditahun 2020, sebab perkembangan kabupaten Karawang sangat meningkat pesat.

Potensi Pajak yang direncanakan ada penambahan yaitu perluasan Tol Karawang Timur, Tol Karawang Barat dan Tol Dawuan Cikampek,selanjutnya diinput ke Bidang Potensi sebagai untuk perencanaan penerimaan pajak tahun 2020.selain itu akan melakukan sidak ke setiap kawasan yang ada dimana disetiap kawasan ada perluasan areal industri serta penambahan bangunan industri,ini prioritas utama untuk rencana tahun 2020 serta melanjutkan kerjasama MOU Bapenda, BPN dan Notaris yaitu menyangkut pajak BPHTB agar online dalam setiap transaksi jual-beli, tegas Echa.

Baca Juga :  RSUD Jombang Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021

Disinggung tentang Penyegaran dan Motivasi kepada masyarakat wajib pajak ECHA menyampaikan untuk tahun 2019 ini Bapenda melakukan penghapusan denda pajak dimulai 1 Oktober s/d 30 November yang lalu, ternyata sangat membanggakan pemasukan pajak waktu itu dari prediksi penerimaan pajak selama dua bulan hanya Rp 5 milyar ternyata tak terduga, penerimaan pajak mencapa Rp 18 milyar dalam kurun waktu 2 bulan lamanya.

Dari moment ini Echa mencatat peristiwa ini sebagai acuan untuk tahun 2020, kemungkinan akan mulai dilakukan sekitar moment Hari Jadi Karawang sampai bulan berikutnya serta untuk pembayaran pajak online akan dibuka untuk setiap hari Sabtu dan Minggu serta rencana memperbanyak tempat pembayaran selain resinda, Galuh mas dan KCP” Pungkasnya. (Hp)

 22 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of