AMBARAWA,RPN – Pagelaran wayang kulit dalam rangka MERTI DUSUN JEMBANGAN bawen Ambarawa yang dimulai pukul 21.00wib di padati masyarakat desa jembangan dan tamu undangan yang hadir ketua panitia Bpk.Mujiyanto bahwa acara yang diselenggaakan ini adalah acara Tahunan yang sudah ada sejak lelulur kita.

Sebagai generasi sekarang kita hanya meneruskan apa yang menjadi adat istiadat dan tradisi. Dalam hal ini sebagai ketua Rw 14 dalam sambutannya beliau sangat berterima kasih kepada masyarakat desa jembangan grawan bahwa acara merti dusun berjalan dengan baik dan lancar berkat kerjasama semua pihak.

Sambil menyerahkan sebuah wayang kepada dalang Ki Bayu Prastiyanto dengan lakon “Mbangun Padeson” untuk dimulai acara pagelaran wayang kulit, tampak hadir pejabat dari muspicam kecamatan bawen, Lurah bawen Bp.Suhartono didampingi Bp.Danramil Kapten Sunarno serta anggota babinsa koramil Serka.Arifudin, Serda Widodo dan babin kamtibmas Aiptu.Heru dari polsek bawen.

Sabtu malam terlihat di sepanjang desa yang berbatasan dengan pasar hewan ambarawa berbagai jajanan kuliner dan mainan anak anak terpampang memenuhi jalan serta dealer suzuki juga mengeluarkan mobil suzuki pik up pengunjung yang semakin malam semakin banyak membuat suasana pementasan wayang kulit dengan didampingi beberapa sinden membuat suasana malam semakin meriah.

Memang acara ulang tahun desa selalu diadakan tiap tahunnya,namun untuk pertunjukan wayang teryata hanya diadakan tiap 1 tahun sekali. Merti dusun atau lebih diartikan di zaman sekarang sebagai acara ulang tahun dusun asalah salah satu cara mengukapkan syukur kepada Sang pencipta atas keberadaan dusun yang bisa di tempati sampai detik ini.

Wayang kulit hanya konsumsi untuk orang orang tua?Justru disini anak anak kecil bersama orang tuanya melihat pertunjukan wayang kulit Sungguh pandangan yang jarang di temukan,dan langka Bukti nyata bahwa wayang masih dicintai dan diminati dari berbagai kalangan usia. Oh ya..tidak hanya bayangan wayang yang disajikan dalam pertunjukan ini di tengah tengah acara dua penyinden dengan gerakan lemah gemulainya menari tarian gambyong yang menyedot perhatian penonton Lurah bawen Suhartono ikut bangga dengan kegiatan Merti dusun di desa jembangan Grawan bawen Ambarawa

Baca Juga :  Polsek Sosialisasikan "Stop Pungli"Di KUA Karangtengah

Semoga dengan kegiatan merti dusun di desa sebagai upaya melestarikan seni budaya khususnya pewayangan merti dusun dapat membangun gotong royong antar warga masyarakat semogamke depan acara akan berlangsung lebih ramai dan banyak stan UMKM untuk masyarakat desa jembangan, ngrawan, bawen Ambarawa.(edwindei)

 56 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of