MOJOKERTO,RPN – Wali Kota Mojokerto Ita Puspitasari, mengapresiasi usaha dan tekad para pelaku industri kecil menengah (IKM) di seluruh Kota Mojokerto, yang turut menyukseskan pembangunan pemerintah daerah melalui Spirit of Majapahit. Hal ini, diungkapkannya saat menghadiri Presentasi Hasil Pendampingan dan Pembinaan Manajerial Terhadap IKM Kota Mojokerto 2019. 

Acara yang dilaksanakan di Ruang Nusantara, Kantor Pemerintah Kota Mojokerto pada Rabu (16/10) sore ini, turut dihadiri Ketua Dekranasda Kota Mojokerto Nur Chasanah, Wakil Ketua Dekranasda Irma Lumiga, Kepala Disperindag Ruby Hartoyo, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Serta para mentor yang didatangkan langsung dari Bali, Dwi Iskandar dan Maria Quaryanti dari Business Export and Development Organization (BE-DO).

Presentasi ini dilaksanakan oleh para pelaku IKM yang merupakan hasil pendampingan dan pembinaan di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Mojokerto. Dimana, dari ratusan pelaku IKM, hanya dipilih 27 peserta yang mengikuti coaching clinic selama tiga kali pertemuan.

“Ada seleksinya. Diawal, ada 109 peserta yang ikut. Lalu diseleksi menjadi 75 orang. Kemudian diseleksi kembali menjadi 50 orang. Terus diseleksi lagi menjadi 27 peserta. Yang kemudian, dari 27 orang tersebut hanya ada sembilan IKM yang lulus. Dimana dari sembilan IKM itu, bisa menjadi IKM yang mandiri dan berdaya saing untuk Kota Mojokerto,” kata Ning Ita, sapaan akrabnya.

Ning Ita berharap, nantinya produk hasil dari para IKM tersebut dapat membawa nama Kota Mojokerto semakin dikenal di seluruh penjuru Nusantara. Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Mojokerto yang nantinya akan menjadi Kota Pariwisata. “Karena, IKM yang sehat itu, IKM yang sehat hasil produksinya, sehat administrasinya dan mampu membuka peluang tenaga kerja,” imbuhnya.

Baca Juga :  RSUD Dr. Soegiri MoU Dengan Kejaksaan Negeri Lamongan

Acara ini pun, ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada para pelaku industri yang terpilih sebagai IKM Unggulan 2019. Dari puluhan IKM se-Kota Mojokerto yang mengikuti coaching clinic, Ning Ita memberikan penghargaan kepada sembilan IKM unggulan yang dinyatakan telah lulus dalam pembinaan manajerial perusahaan. (WK)

 17 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of