TRENGGALEK,RPN – Ir.Sutjipto Hariono,MT kepada wartawan mengatakan bahwa” kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten blitar ini merupakan perpanjangan tangan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, bersama Pokmaswas Rembeng Raya telah melakukan kegiatan penenggelaman modul transplantasi terumbu karang di Pantai Mutiara, Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek pada Senin, 7 Oktober 2019 kemarin “ Tegas Kacabdin.

“Transplantasi terumbu karang merupakan salah satu kegiatan yang merupakan tugas dan fungsi Seksi Konservasi Kelautan, Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar, dengan salah satu wilayah kerja meliputi Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan Pengangkutan Modul Menuju Lokasi Transplantasi Terumbu Karang

Sebanyak 177 modul transplantasi terumbu karang yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 60 cm x 90 cm diangkat menuju rakit dengan menggunakan alat bantu berupa bambu oleh 4 orang dari Pokmaswas Rembeng Raya, “Tambahnya. Selanjutnya rakit yang terbuat dari aquatech tersebut ditarik menggunakan perahu untuk menuju titik lokasi transplantasi terumbu karang. Modul terumbu karang yang telah ditenggelamkan ditata bertumpuk dengan susunan 5 modul dalam 1 koloni, dibantu oleh 2 penyelam dari Pokmaswas Rembeng Raya. Adapun jenis karang yang ditransplan merupakan jenis Acropora yang biasa disebut menjangan oleh warga sekitar Pantai Mutiara.

Modul Transplantasi Terumbu Karang

“Besi melengkung yang terdapat di pojok modul nantinya akan dipasangi karang transplan dan diikat menggunakan kabel ties supaya karang menempel dengan kuat dan tidak mudah bergeser. Bibit terumbu karang ini kita ambil dari terumbu karang yang sudah ada di dekat titik transplantasi yang kondisinya masih baik.

Terumbu karang menjangan berbentuk menyabang, sehingga dapat digunakan sebagai tempat berlindung bagi ikan-ikan kecil dari serangan pemangsa. Selain itu lokasi transplantasi terumbu karang juga bermanfaat sebagai tempat memijah dan berkembang biak berbagai jenis ikan.” jelas Kacuk Wibisono (Ketua Pokmaswas Rembeng Raya)

Baca Juga :  Polsek Mijen Tingkatkan Patroli Di Kantor PPK Dan Panwascam

Selanjutnya lokasi titik transplantasi terumbu karang oleh Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar di Pantai Mutiara Trenggalek ditandai dengan 4 buah pelampung tanda yang terbuat dari plastik berbentuk bola berwarna orange dengan diameter 35 cm dan diikat menggunakan tali nylon. (Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Blitar).*im*

 64 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of