SURABAYA,RPN – Bersih – bersih kampung dalam rangka mempersiapkan diri untuk maju pada penjurian lomba Surabaya Smart City ( SSC)  program Pemerintah Kota Surabaya ,maka yang harus diutamakan adalah menciptakan suasana kampung Asri, Indah,Sejuk, dan Bersih, adalah cita – cita warga kampung Jemur Ngawinan Rt 02/Rw 02 Kelurahan Jemur Wonosari,Kecamatan Wonocolo. Yang mana program bersih – bersih kampung ini digalang dan diprakarsai oleh ketua Rt 02/Rw 02.

Kepada wartawan koran ini mengatakan ” Bersih – bersih kampung ini saya prakarsai, supaya kampung Rt 02 ini menjadi kampung yang Asri, Indah, Sejuk, dan Bersih, bila ada tamu yang datang berkunjung atau melihat suasana kampung disini biar terlihat Asri dan bersih  ” Kata Ketua Rt 02.

Kegiatan ini telah didukung oleh Lurah Jemur Wonosari Bpk.Dwi Angga.  Dengan melalui koordinasi akhirnya terwujud kekompakan warga untuk melaksanakan bersih – bersih kampung dan hasilnya benar benar puas, karena bukan hanya dilihat warga kita sendiri,melainkan juga disapa oleh warga lain yang lewat, Tegas Ibu Siti Rokayah, selaku ketua RT 02.

Kebersihan yang utama terfokus pada pengelolaan sampah, baik sampah kering maupun sampah basah, agar kampung ini terbebas dari banjir. Apalagi sebentar lagi menjelang musim hujan, maka harus dimulai sejak sekarang ini warga kita ajak membersihkan selokan/ gorong2 dan sampah plastik yang ada di kampung Rt 02/Rw 02 tersebut, Tambah ketua Rt 02.

Secara terpisah, Dwi Angga selaku Kepala Desa/ Kelurahan Jemur Wonosari kepada wartawan membenarkan, kalau kegiatan bersih – bersih kampung yang ada di Jemur Ngawinan tersebut adalah ketua Rt 02 sebagai penggalang, dan dikoordinasikan kepada warga kampung Jemur Ngawinan dan akhirnya terlaksana atas partisipasi semua warga, ” Pungkas Dwi Angga.

Baca Juga :  Polresta Sidoarjo Serahkan Bantuan Sembako pada Hari Bhayangkara ke - 75

Selain kegiatan bersih – bersih kampung untuk persiapan penjurian lomba, juga tidak lupa diiringi dengan seni musik tradisional yang diberi nama musik patrol, kegiatan musik patrol yang dibina oleh Ibu Siti Rokayah tersebut, sering ditampilkan pada kegiatan – kegiatan di dalam maupun diluar kampung.

Dari perlombaan tersebut Tiap RT yang berhasil masuk 150 besar akan mendapatkan banner. Banner sendiri akan didistribusikan sebelum jadwal penjurian wilayah.

Juri yang turun ke lapangan ada minimal 11 orang terdiri dari DKRTH, DLH, BSIS, DKPP, DKK, DP5A, DISDAG, Akademisi, Praktisi Linfkungan, Pemerhati Lingkungan serta Media.

Untuk daerah Selatan sendiri penjurian dilakukan mulai tanggal 10 November sampai tanggal 17 November 2020.

Adapapun Desa Jemur Ngawingan Wonocolo RT/02 RW/02 siap bersaing dengan yang lainnya untuk menjadi 75 kampung terbaik, serta dengan di dukung oleh ketua RT 02 yaitu Siti Rukayah, Lurah Bapak Angga dan camat.

Dengan adanya Lomba ini Lurah Jemur dan Camat sendiri mendukung sepenuhnya untuk kesuksesan acara Lomba Surabaya Smart City.

Ryan

 22 total views,  1 views today

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of